SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kendati tahapan Pilkada belum dimulai, namun suhu politik di Siak terus memanas. Buktinya, sejak sebulan terakhir, sejumlah partai politik sudah melakukan penjaringan terhadap bakal calon bupati dan wakil bupati Siak.

Adapun partai politik yang sudah melakukan penjaringan, diantaranya PAN, Gerindra, PDIP, PKB, Hanura, Demokrat dan PPP.

Sementara, calon incumbent Syamsuar-Alfedri kembali berpasangan pada Pilkada nanti. Mereka telah mengembalikan formulir pendaftaran di Demokrat, PAN dan Hanura. Nama-nama kandidat lain yang ikut mengambil formulir disejumlah parpol seperti Azwar (Golkar), Sutarno (Gerindra), Syahrul (PDIP), dan Zulfi Mursal (PAN). Mereka merupakan anggota DPRD Siak yang masih aktif. Selain itu juga ada nama Syafril Nawawi (Asisten I Setdakab Meranti), Sayyed Assegaf (mantan anggota DPRD Riau dari Demokrat) dan lainnya.

Melihat banyaknya anggota DPRD Siak yang ingin maju di Pilkada nanti, seakan-akan Syamsuar bakal "dikeroyok" mereka. Namun, saat GoRiau.com mempertanyakan fenomena itu, Syamsuar hanya tersenyum."Tak apa-apa lah, semuanya punya hak ikut Pilkada. Ini kan baru penjaringan, biasa lah," katanya singkat, usai mengembalikan formulir pendaftaran di Hanura, Kamis (9/4/15).

Syamsuar optimis, kendati permasalahan di tubuh Golkar belum usai, namun ia yakin akan meraih perahu dari partai lain untuk maju di Pilkada nanti. Kendati demikian, Syamsuar tetap berharap partai berlambang pohon beringin ini nantinya akan mendukung dirinya untuk maju di Pilkada Siak.

"Sampai hari ini, saya masih ketua Golkar Siak, persoalan di pusat kan belum tuntas, makanya saya juga terus melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Ntar kalau berharap Golkar saja, mana tahu tak bisa ikut Pilkada sebab masalah belum selesai," tutup Syamsuar.(nal)