SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Siak, mulai Jumat (13/3/15), resmi membuka penjaringan bakal calon bupati (Balonbup) untuk pelaksanaan Pilkada Siak, Desember 2015 nanti. Hari pertama, tim Bupati Siak yang juga Ketua Golkar Siak, Syamsuar ikut mengambil formulir pendaftaran. Selain Syamsuar, terdapat dua calon lain, Syed Abubakar Assegaf (kader Demokrat) dan Wakil Bupati Siak, Alfedri.

"Ada 3 calon yang sudah mengambil formulir, Syamsuar dan Sayed Abubakar untuk formulir calon bupati dan Alfedri formulir calon wakil bupati. Penjaringan ini akan ditutup pada 31 Maret nanti," kata Ketua Penjaringan Balonbup Demokrat Siak, Mustafa.

Dijelaskannya, tujuan Partai Demokrat membuka penjaringan balonbup ini agar membuka peluang bagi putra/putri terbaik Siak untuk maju menjadi calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada nanti."Kami menjaring calon sebanyak-banyaknya, untuk penetapannya nanti dikembalikan ke mekanisme partai," terang Mustafa.

 Ketua DPC Demokrat Siak Syamsurizal, menjelaskan proses penjaringan ini nantinya akan diserahkan ke partai, dibahas oleh tim 7, yang terdiri pengurus DPC, DPD, setelah itu direkomendasikan ke Pimpinan Pusat Partai Demokrat.

 "Keputusan siapa yang akan kita usung ditentukan pusat, tahap awal ini kami membuka peluang untuk putra-putri terbaik Siak yang ingin maju jadi calon bupati dan wakil bupati Siak," tegasnya.

 "Elektabilitas calon akan kami lihat melalui survey internal dan lembaga survey external," tambah anggota DPRD Siak ini.

 Humas Partai Golkar Siak, Ihksan membenarkan pihaknya mengambil formulir calon bupati atas nama Syamsuar yang saat ini menjabat Bupati Siak ke partai Demokrat. Langkah ini diambil untuk membangun koalisi antara Partai Golkar dan partai lain dalam Pilkada nanti."Golkar Siak perlu membangun koalisi," terang Ihksan.(nal)