SIAK SRI INDRAPURA - Kelompok dan Pengelola Bina Keluarga Balita (BKB) Kabupaten Siak kembali meraih prestasi tingkat Provinsi Riau. "Alhamdulillah, kita kembali meraih prestasi yang membanggakan, kerja keras kita selama ini membuahkan hasil," kata Pengelola BKB Kabupaten Siak, Hj. Misnarni Syamsuar, Selasa (17/11/2015).

Keberhasilan Kelompok BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib tidak luput dari kerjasama dan dukungan berbagai pihak. "Saya berharap kepada kelompok BKB Pelita Hati dapat menularkan program-program nya kepada kelompok BKB yang lain," harapnya.

Peran dari kader BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib sangat aktif, mereka rutin melakukan pembinaan untuk orang tua mulai dari Posyandu dan Paud. Selain dari BKB Iqra' BKB lingkungan kelompok BKB Pelita Hati tersebut sudah melaksanakan BKB Gemari (gemar makan ikan) mulai dari usia dini sudah dikenalkan mengkonsumsi ikan.

Untuk kelancaran kegiatan, lanjutnya, Tim Penggerak PKK dan Pokjanal BKB Kabupaten Siak telah dilakukan beberapa kebijakan yang dapat mendukung keberhasilan program tersebut antara lain, melakukan pembinaan dan mengarahkan melalui kunjungan langsung kelapangan, mendorong dan memantapkan peran serta masyarakat untuk dapat mendukung dan  mengambil bagian dalam melaksanakan program serta menjalin kerjasama dengan lembaga teknis.

"Adapun strategi kami adalah menjadikan TP PKK dan Pokjanal BKB sebagai program utama serta menjadikannya bagian yang integral dan mendorong tumbuhnya gagasan serta inovasi dalam pencapaian hasil program tersebut," jelasnya.

Misnarni menambahkan, program BKB bertujuan meningkatkan peranan orang tua serta anggota keluarga lainnya dalam mengushakan sedini mungkin pembinaan tumbuh kembang anak balita sesuai dengan usia tahap perkembangannya.

Tim penilaian telah melakukan pengamatan langsung terhadap kelompok dan pengelola BKB di kabupaten/kota sejak tanggal 21 s/d 30 Oktober 2015 yang lalu dan dilakukan penilaian secara seksama sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan pada formulir penilaian. Kegiatan ini  dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 87 tahun 2015.

"Saya berharap BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib yang akan mewakili Provinsi Riau ditingkat Nasional mudah-mudahan mampu meraih juara I, tapi yang lebih penting menambah pengetahuan kesadaran dan keterampilan ibu dan anggota keluarga dalam mendidik anak sejak usia dini," jelasnya.

Sementara itu Kepala BP3AKB Kabupaten Siak H Arfan Usman menambahkan, keberhasilan kelompok BKB Pelita Hati tidak terlepas dari dukungan dan binaan TP PKK Kabupaten Siak.

"Pemenang pengelola kelompok BKB yang juga selaku Ketua Pembina BKB Kabupaten Siak berhasil melakukan terobosan-terobosan dan inovatif untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Diantaranya adalah mensosialisasikan dan melaksanakan BKB Gemari," pungkasnya.rls