SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) perlu menjadi perhatian bersama. Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Siak setiap tahunnya mengalami penambahan hingga 4 ribu jiwa.

"Tapi, bukan berarti program KB tidak berjalan, namun disebabkan tingginya tingkat migrasi ke Siak," kata Syamsuar, saat membuka Pencanangan Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Siak 2015 di halaman Bina Keluarga Balita Berlian Kelurahan Simpang Belutu Kecamatan Kandis, Selasa (31/3/15).

Adanya program peningkatankesejahteraan masyarakat seperti berobat gratis, pendidikan gratis, beasiswa, dan lain-lainnya, mempengaruhi warga dari luar Siak untuk pindah dan membuat KTP di Negeri Istana ini.

"Program KB harus kita jadikan ujung tombak, simpul koordinasi dan pelaksanaannya harus benar-benar kita tingkatkan. Melalui kegiatan seperti inilah salah satu cara untuk mencapai tujuan itu," kata Bupati.

Disebutkannya, bidan sebagai pelaku pelayanan KB sangat penting perananya dalam memberikan pelayanan terbaik difasilitas pelayanan pemerintah maupun swasta, karena tugasnya merupakan perpanjangan tangan pemerintah. Oleh karena itu peran pengawalan 1.000 hari pertama kehidupan yang diembankan kepada bidan tersebut memang dirasakan sudah tepat, karena di samping tugas bidan juga memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang KB.

"Saya berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk menguatkan tekad kita dalam mengambil peran  mengatasi masalah kualitas SDM, selain itu para bidan saling mendukung dan saling memperkuat untuk memberikan pelayanan kesehatan KB yang terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

Ketua IBI Siak Febita Widhiyasti mengatakan kegiatan ini merupakan program tahunan yang dilakukan secara bersama, mulai dari tingkat pusat sampai ke kabupaten/kota. Kegiatan ini merupakan kerjasama yang dilakukan IBI cabang Siak, BP3AKB dan dinas Kesehatan Kabupaten Siak. Tema kegiatan IBI pada tahun ini adalah "Bidan Mengawal 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Mewujudkan Generasi Berkualitas".

Kegiatan pencananangan IBI KB kesehatan meliputi, pengobatan gratis dengan melibatkan dokter spesialis RSUD Siak, pelayanan alat/obat kontrasepsi bagi masyarakat dengan bantuan alat atau obat kontrasepsi dari BKKBN Provinsi Riau dan pelaksanaan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia serta Bazar PKK se-Kecamatan Kandis.

Tampak hadir Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj Misnarni Syamsuar, Ketua Dharma Wanita Siak Hj Rahimawati Hamzah, Camat Kandis, anggota DPRD Siak, Ketua IBI Prov Riau, sejumlah Camat, Kepala BP3AKB Siak H Arfan Usman dan Kadis Kesehatan Tony Chandra.(rls)