SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Seratusan karyawan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) membaur bersama masyarakat dan pelajar dalam kegiatan bhakti sosial dan gotong royong bertempat di lapangan SMPN 1 Satu Atap dan SDN 10 Desa Tumang, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Sabtu (12/4/2014).

Community Development (CD) Region Coordinator, Suroso, yang mewakili manajemen RAPP, Senin (14/4/2014) mengatakan kegiatan bhakti sosial dan gotong royong ini, atau juga dikenal dengan nama program kesukarelawanan karyawan (Employee Volunteering) merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar wilayah operasional melalui program CD.

''Program rutin ini bertujuan untuk menjaga tali silaturahim dan komunikasi yang baik antara kedua belah pihak, sehingga kita semakin saling mengenal satu sama lain dan menjadi budaya untuk dapat membangun desa,'' kata Suroso yang akrab disapa Kak Os ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, SGR Estate Mandau, M Ikhwan Pane bersama Team, Tim CD RAPP dari Pangkalan Kerinci, Wakil Kepala SMPN 1 Satu Atap, Desa Tumang, Makruf, perwakilan pihak Sekolah beserta para majelis guru, perwakilan desa sekaligus komite Sekolah, Idris, serta para murid, wali murid dan unsur masyarakat Desa Tumang.

RAPP yang juga beroperasi di Desa Tumang, ditambahkan Kak Os, akan terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak khususnya dengan masyarakat sekitar sehingga keberadaan perusahaan di Desa Tumang ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan perusahaan pun dapat beroperasi secara berkelanjutan.

Wakil Kepala SMPN 1 Satu Atap Desa Tumang, Makruf mengungkapkan rasa terimakasihnya atas partisipasi RAPP sehingga terjadinya sebuah kolaborasi program yang mampu memberikan edukasi bagi masyarakat, terutama anak-anak Sekolah di bidang kesehatan dan kebersihan lingkungan.

''Terimakasih kepada RAPP atas kolaborasinya, yang juga mengajak anak-anak kita untuk peduli kesehatan, kemudian juga program penanaman pohon ini sangat tepat dilakukan mengingat pekarangan Sekolah kita yang haus dengan penghijauan apalagi dengan penanaman buah-buahan yang nantinya bisa menjadi nilai tambah bagi Sekolah,'' kata Makruf.

Gotong royong kali ini, diisi dengan sejumlah kegiatan diantaranya, penyuluhan kesehatan gigi bagi anak-anak SD yang diisi oleh Bidan Mutia dan Kak Os, penanaman penghijauan tanaman buah-buahan dan pohon pelindung, membersihkan pekarangan Sekolah, dan lingkungan desa sekitar. Makruf mengharapkan agar bantuan yang diberikan kepada masyarakat dapat terus dilanjutkan khususnya di Desa Tumang baik secara moril maupun spirituil.

''Kami sangat mengharapkan bantuan dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk dapat bersama-sama membangun daerah di segala bidang khususnya Desa Tumang ini,'' ujar Makruf. (rls)