SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengaku bangga dengan prestasi yang diraih atlet-atlet Siak pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau VIII di Kabupaten Indragiri Hulu, September 2014 lalu.

Kendati hanya peringkat 5 dengan meraih 24 emas, 28 perak dan 37 perunggu, namun prestasi itu dinilai cukup bagus karena semua atlet yang ikut bertanding merupakan asli putra-putri Siak.

"Kita patut berbangga dengan prestasi ini, meski peringkat 5 tapi semua atlet asli anak-anak Siak. Kalau mau juara, gampang saja, tinggal bayar atlet luar, pasti kita menang," kata Syamsuar, saat memberikan arahan pada acara penyerahan banus atlet dan pelatih berprestasi di Porprov VIII tahun 2014 Kabupaten Indragiri Hulu di Gedung Pendopo, Kediaman Bupati, Selasa (9/12/14).

Bupati berpesan kepada atlet yang belum meraih prestasi agar terus meningkatkan kemampuannya untuk kejuaraan yang akan datang. Bagi yang berprestasi jangan merasa cepat puas, teruslah berlatih untuk menyiapkan diri pada kejuaraan terbuka, tingkat wilayah dan nasional.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan kekecewaan terhadap Pengprov Riau yang dinilai tidak tegas dalam melaksanakan pertandingan. Salah satu contoh, adanya tim Sepak Bola yang sudah WO, tapi tiba-tiba bisa kembali mengikuti pertandingan.

"Kita harapkan Fair Play, tapi masih saja masalah non teknis ini tak disikapi panitia. Kalau Riau mau olahraga berprestasi, ini harus diperbaiki kedepannya," kata Bupati.

Kedepan, Bupati berharap agar KONI Siak bersikap tegas, apabila ditemukan persoalan teknis seperti ini. Jangan dibiarkan saja, harus dilakukan upaya-upaya peringatan kepada panitia jika ditemukan kesalahan dilapangan.

"Harus berani mengungkapkan kebenaran, kita harus tegas, bikin surat protes, jangan diam saja," tegas Syamsuar.

Ketua KONI Siak Amzar mengatakan, untuk perorangan, bonus yang diberikan untuk peraih medali emas Rp6 juta, perak Rp3 juta dan perunggu Rp1,5 juta. Sedangkan untuk tim, emas Rp3 juta per orang, perak Rp2 juta dan perunggu Rp1,5 juta per orang. Selain itu, juga diberikan bonus kepada 35 pelatih dan 125 atlet lainnya.

"Kita juga akan melakukan evaluasi terhadap pelatih dan ofisial untuk kebaikan olahraga Siak kedepan," jelas mantan Sekdakab Siak ini.(nal)