SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sebanyak 113 calon akan mengikuti Pemilihan Penghulu (Pilu, dulunya Pilkades, red) di 39 kampung yang ada di Kabupaten Siak. Pilu serentak yang menguras APBD Perubahan Siak sebesar Rp1,7 miliar itu akan dilaksanakan Senin, 24 Agustus 2015 mendatang.

"Ada 113 calon yang akan bertarung di Pilu serentak di 39 kampung yang tersebar di13 kecamatan (kecuali Kecamatan Pusako, red) pada Senin depan. Persiapan sampai hari ini tak ada masalah, kita berharap suasana kondusif juga berlangsung hingga selesainya pelaksanaan Pilu serentak ini," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Daerah (BPMPD) Kabupaten Siak Abdul Razak menjawab GoRiau.com, Kamis (20/8/2015).

Dijelaskan Razak, sejauh ini segala persiapan Pilu telah matang, baik menyangkut anggaran maupun sarana pendukung lainnya, termasuk pengamanan dari Polres Siak.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Polres Siak untuk menjaga keamanan selama Pilu berlangsung," ujarnya.

Terkait anggaran Rp1,7 miliar itu, lanjut Razak, akan digunakan untuk berbagai kebutuhan guna mensukseskan pelaksanaan Pilu, seperti membuat surat suara, kotak suara, honor penyelenggara dan dana penunjang lainnya.

"Semua dana itu nantinya akan kita pertanggungjawabkan, kalau ada kelebihan akan kita kembalikan ke kas daerah," pungkas Razak.(nal)