SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak H Syamsuar MSi mengklaim selama kepemimpinan bersama Wakil Bupati H Alfedri, MSi, nilai investasi naik dari Rp1 triliun menjadi Rp5 triliun. Kondisi ini juga berdampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja hingga 12 ribu orang.

"Diawal saya menjabat bupati Siak tahun 2011 lalu, nilai investasi sekitar Rp1 triliun, sekarang sudah mencapai Rp5 triliun. Naik empat kali lipat," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Senin (13/7/2015).

Terjadinya peningkatan jumlah penanam modal asing dan lokal selama 4 tahun terakhir, lanjut Bupati, adanya komitmen pemerintah daerah menjaga iklim investasi agar tetap kondusif.

"Tentu hal ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat, suasana aman, tersedianya infrastruktur dan mudahnya proses perizinan," ujar Syamsuar.

Terkait proses pelayanan perizinan, kata Bupati, setiap tahun selalu ada peningkatan, seperti pelayanan terpadu hingga kecamatan dan pelayanan sistem online. "Bahkan, saat ini pengurusan izin bisa diakses setiap saat sepanjang persyaratan dipenuhi," ujarnya.

Begitu juga dengan ketersediaan infrastruktur jalan yang turut mendukung invetasi di Siak. Kualitas jalan terus ditingkatkan di berbagai wilayah, termasuk pembangunan jalan yang menghubungkan antar desa dan kecamatan.

"Tahun ini akses Jalan Minas- Perawang selesai dibangun Pemprov Riau. Jalan Simpang Lago-Buatan, Tanjung Buton diusulkan jadi jalan Nasional. Tahun depan, Kementerian PU mengalokasikan anggaran Rp110 miliar untuk perbaikan jalan itu. Begitu juga jalan dari Perawang menuju Pekanbaru, jalan Siak-Tumang, saat ini masih tahap pekerjaan," urainya.

Selain itu, lanjut Syamsuar, Pemkab Siak terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi di Kabupaten Siak. Pembangunan, jaringan ke kecamatan belum teraliri listrik dan mendorong PLN meningkatkan kemampuan daya pembangkit.

"Kami menyambut baik rencana kerjasama PLN dengan PT IKPP. Laporan pihak PLN, PT IKPP akan menambah kebutuhan daya sebesar 30 MW. Kami sangat menunggu uluran tangan perusahaan, karena masih banyak daerah kita membutuhkan listrik," harap Bupati.(nal)