SIAK SRI INDRAPURA - Menyambut bulan suci Ramadhan 1437 Hijriyah atau tahun 2016, ratusan masyarakat di kampung Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak bersama karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) mengadakan Gotong Royong (Goro) membersihkan lingkungan desa, seperti mesjid, jalan dan makam di wilayahnya.

Penghulu Kampung Pangkalan Pisang, Hendro Satrio mengatakan kegiatan yang diadakan perusahaan pulp dan paper ini sangat ditunggu oleh masyarakatnya. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut, masyarakat dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan perusahaan.

"Kegiatan ini sangat positif, karena merangkul semua kalangan. Kami disini dari yang muda hingga tua dapat ikut serta membersihkan lingkungan kami bersama karyawan RAPP," ujarnya, Jumat (3/6).

Hendro berharap kedepan kegiatan RAPP yang langsung melibatkan masyarakat dapat lebih banyak.

"RAPP juga turut membangun kampung kami ini. Semoga ke depannya lebih maju," tuturnya.

Goro yang sama juga dilakukan di Desa Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Sebanyak 310 warga berpartisipasi dalam kegiatan goro bersama.

Sekretaris Desa Segati, Burhanudin mengatakan kegiatan tersebut saat ini sangat jarang dilakukan masyarakat. Menurutnya, lewat kegiatan ini warganya dapat kompak dalam bermasyarakat.

"Terima kasih kepada pihak perusahaan (RAPP) yang telah ikut berpartisipasi dalam melestarikan budaya setempat dan berharap ke depan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik setiap tahunnya. Dan baru RAPP yang mengadakan kegiatan ini di desa kami," ujarnya.

Community Development (CD) Officer RAPP, Raden Adhe Pramono mengatakan kegiatan ini merupakan program Employee Volunteering sebagai wujud kepedulian Perusahaan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang berada di sekitar daerah operasional.

"Kegiatan ini diikuti oleh karyawan perusahaan bersama masyarakat kampung. Diharapkan kegiatan Goro ini secara langsung dapat menjalin komunikasi dan silaturahim yang baik dan harmonis antara masyarakat dg perusahaan. RAPP sebagai perusahaan yang beroperasi di kampung Pangkalan Pisang terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, khususnya dengan masyarakat sekitar sehingga keberadaan perusahaan di Buatan Port ini dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat dan perusahaan dalam beroperasi secara berkelanjutan," ujar Adhe.

Hal senada juga dikatakan CDO RAPP estate Langgam, Syafrizal. Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang baik dilakukan untuk kedua belah pihak.

"Baik untuk karyawan dan masyarakat. Dengan kegiatan ini karyawan dan perusahaan selalu memiliki hubungan baik," tutupnya. (*/rls)