SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pasangan Suhartono-Syahrul dan Syamsuar-Alfedri resmi bertarung di Pilkada Siak, 9 Desember 2015 mendatang. Suhartono-Syahrul yang keduanya merupakan anggota DPRD Siak akan menantang dan menguji kekuatan incumbent Syamsuar-Alfedri untuk merebut tampuk kekuasaan di Negeri Istana, 5 tahun ke depan.

Pantauan GoRiau.com, penetapan pasang calon bupati dan wakil bupati Siak ini diumumkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak Agus Salim didampingi 4 komisioner KPU lainnya di hadapan kedua pasangan calon, disaksikan Kapolres Siak AKBP Ino Haryanto serta puluhan tim sukses masing-masing pasangan calon, Senin (24/8/2015) di Kantor KPU Siak.

"Pasangan Suhartono-Syahrul dan Syamsuar-Alfedri memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati Siak tahun 2015," kata Agus Salim.

Dia menyebutkan, keputusan itu tertuang dalam berita acara Nomor 38/Kpts/KPU/Kab.004.435212/VIII/2015 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Siak 2015.

Pasangan Suhartono-Syahrul, lanjut Agus Salim, mendaftar pada 27 Juli 2015 dengan dukungan 6 parpol yang memiliki 22 kursi di DPRD Siak, diantaranya, PBB, PDIP, Gerindra, PKB, Demokrat dan PPP.Sedangkan pasangan incumbent Syamsuar-Alfedri mendaftar pada 28 Juli 2015 dengan dukungan 6 parpol yang memiliki 18 kursi di DPRD Siak, yakni PAN, PKS, Hanura, Nasdem, PKPI, Golkar.

"Setelah kita verifikasi, PPP yang memberi dukungan kepada Suhartono-Syahrul dan Golkar kepada Syamsuar-Alfedri ternyata tidak memenuhi syarat. Sehingga dukungan terhadap Suhartono-Syahrul tinggal 19 kursi dan Syamsuar-Alfedri 12 kursi di DPRD Siak," jelas Agus Salim.

Dia menambahkan, Suhartono dan Syahrul harus mengajukan surat pemberhentian dari pejabat berwenang dari anggota DPRD Siak. Begitu juga dengan Alfedri, harus mengajukan surat pemberhentian sebagai PNS. "Surat pemberhentian itu harus diserahkan ke KPU Siak paling lambat 60 hari setelah penetapan pasangan calon," jelas Agus.

Usai acara, pasangan calon Suhartono-Syahrul dan Syamsuar-Alfedri yang sama-sama memakai baju kemeja warna putih terlihat akrab. Mereka saling bersalaman dan foto bersama, disaksikan Kapolres Siak, Ketua Tim Koalisi, Sutarno dan Indra Gunawan serta puluhan tim sukses masing-masing pasangan calon.(nal)