SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi mengaku senang bisa kembali berada di tengah-tengah masyarakat Kampung Dosan Kecamatan Pusako untuk melaksanakan safari Ramadan di Masjid Al-Falah.

"Ingat saya dulu untuk masuk ke sini bersama camat dalam rangka safari Ramadan naik pompong, tapi hari ini sudah bisa pakai mobil. Jalan pun sudah diaspal, sehingga lancar sampai ke kampung ini," kata Alfedri, saat menyampaikan sambutan di Masjid Al-Fatah, Rabu (24/6/2015).

Ikut mendampingi Wakil Bupati, Wakpolres Siak Kompol Arief Fajar, Perwira Penghubung Kodim 0303 Bengkalis, Anggota DPRD Siak Sujarwo, Sekcam Pusako, Serta Sejumlah Pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.

Pada kesempatan itu, Alfedri mengajak masyarkat untuk memberikan pendidikan agama yang baik kepada anak-anaknya, setelah tamat SD dapat dilanjutkan ke pondok pesantren. "Di kampung Dosan ini sudah ada pesantren Tahfiz. Saya berharap anak-anak bisa menuntut ilmu agama di sini, sehingga nantinya menjadi pemimpin yang alim dan membawa keberkahan bagi daerah kita ini," kata Wabup.

Pemkab Siak, kata Alfedri, terus berupaya melanjutkan program strategis dengan membangun jalan poros guna merangkai kampung ke kampung.

"Seperti yang kita rasakan sekarang, dari Pusako menuju Siak bisa ditempuh dengan jalan darat. Ke depan akan kita bangun feri penyeberangan dari Pusako ke Bungaraya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wabup menyerahkan bantuan kepada 140 anak yatim sebesar Rp200 ribu per orang, 189 fakir miskin Rp200 ribu per orang. Sementara itu untuk bantuan Masjid Baitul Rahman Kampung Perincit, Masjid At-Taqwa Kampung Dosan, Masjid Baitul Rahim Kampung Dusun Pusaka, Masjid At-Taqwa Kampung Pebadaran masing-masing Rp25 juta. Untuk Musala Mustafa Yatim Sa'adah Dusun Pusako Rp 10 juta.

Selain itu juga diserahkan bantuan sajadah dan Alquran terjemahan kepada Masjid Al-Falah Kampung Dosan, penyerahan sertifikat tanah gratis bagi masyarakat miskin serta penyerahan penghargaan kepada penghulu kampung Dosan, kepala Dusun, RK dan RT.

Sebelum acara Safari Ramadan, Wabup selaku Ketua Baznas Kabupaten Siak menyalurkan dana zakat dengan pola konsumtif di Masjid Hidayatul Muttaqin Kampung Benayah Kecamatan Pusako. Kecamatan Pusako merupakan kecamatan yang ketiga terbesar dari 14 kecamatan dalam kesadaran masyarakatnya membayar zakat. Zakat pola konsumtif 96 orang masing-masing Rp783 ribu, total Rp 75.168.000. Dana Amil Rp2.029.000, dengan total Rp77.197.000.(nal/rls)