SIAK SRI INDRAPURA, - Melanjutkan kegiatan safari Ramadan, Wakili Bupati Siak Drs H Alfedri MSi beserta rombongan melaksanakan buka puasa bersama dengan masyarakat di Masjid Miftahul Falah, Kampung Empang Baru, Kecamatan Lubuk Dalam, Jumat (10/6/2016).

Sebelumnya, Alfedri yang juga Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Siak menghadiri acara penyaluran zakat tahap III di Kampung Rawang Kao Barat, Kecamatan Lubuk Dalam.

Pada kesempatan itu, Alfedri kembali mengingatkan kepada warga yang mampu agar mengeluarkan zakat, apabila nisapnya sudah sampai.

"Banyak masyarakat kita yang hanya sekedar mengetahui apa itu zakat dan untuk melakasanakannya masih ada yang tidak mau. Zakat ini merupakan kewajiban bagi umat Islam yang harus dijalankan," jelasnya.

Dia menyebutkan, Lubuk Dalam merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Siak dengan pemungutan zakatnya terbanyak, yakni sekitar Rp2 miliar dari tahun 2012 sampai tahun 2016 ini.

"Alhamdullilah, semoga prestasi ini bisa terus ditingkatkan di Lubuk Dalam ini. Saya juga mengimbau kepada warga yang ingin membayar zakatnya sebaiknya kepada pihak yang sudah ditugaskan yakni amil zakat. Jika kita memberikan langsung kepada orangnya itu namanya bukan zakat tapi sedekah atau infak," jelasnya.

Alfedri juga mengajak kepada orang tua agar terus mendidik anaknya dengan pendidikan agama, karena dengan ilmu itu masa depan anak-anak akan jauh dari hal-hal yang negatif.

"Saat ini Kabupaten Siak menduduki urutan ke dua kabupaten/kota dengan jumlah kekerasan dan pelecehan terhadap anak terbanyak di Provinsi Riau. Tentu kondisi ini menjadi tugas kita bersama untuk mengatasinya," ujar Alfedri.

Salah satu cara untuk mengurangi angka tersebut, lanjutnya, dengan diadakannya dakwah atau ceramah di setiap malam bulan Ramadan. Karena kegiatan tersebut selain menambah pengertahuan juga bisa menjauhkan anak-anak dari kegiatan negatif yang ada di sekitar lingkungan rumah.

Di akhir acara, Alfedri menyerahkan bantuan berupa satu rol sajadah kepada pengurus Masjid Miftahul Falah Kampung Empang Baru.(rls)