SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kepedulian Pemkab Siak membangun rumah kantor Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di 83 desa/kelurahan tidak hanya dipuji Plt Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rachman. Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno juga mengacungkan jempol kepada Pemkab Siak yang dinilai sangat peduli dalam terwujudnya keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya, ini adalah kepala daerah pertama di Indonesia yang berikan rumah kantor Bhabinkamtibmas terbanyak. Ini akan menjadi contoh bagi semua daerah di Indonesia," ujar Kabaharkam, diikuti tepuk tangan ratusan undangan yang hadir di halaman Kantor Lurah Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (29/1/15).

Mantan Kapolda Jawa Barat dan Metro Jaya itu menilai, apa yang dilakukan Bupati Siak sangat bermanfaat dalam terciptanya keamanan dan ketertiban serta menekan tindak kriminal di masyarakat. Tinggal lagi, bagaimana Bhabinkamtibmas, Babinsa, kepala desa/lurah dan tokoh masyarakat bersinergi dalam upaya meminimalisir setiap persoalan yang ada.

"Kalau mereka semua bersatu, saya yakin tak ada masalah yang besar sehingga memicu konflik sosial di masyarakat. Kalaulah semua desa di Indonesia berbuat seperti ini, tentu negara kita semakin aman dan rakyat sejahtera, sebab pembangunan berjalan lancar," ujarnya.

"Pengalaman saya dua kali menjabat Kapolda, bagi kepala daerah yang peduli terhadap kamtibmas, akan terpilih dua kali. Waktu Kapolda Jawa Barat, Pak Hermawan itu sangat peduli dengan kamtibmas, buktinya beliau terpilih lagi. Waktu Kapolda Metro Jaya, Pak Jokowi juga selalu mendukung program yang berhubungan dengan keamanan masyarakat. Bukannya terpilih dua kali jadi Gubernur DKI, malah beliau jadi Presiden. Logis bagi saya, kalau Pak Bupati Siak ini kembali terpilih lagi," cerita Jendral bintang tiga ini, diiringi tepuk tangan undangan yang hadir.

Kabaharkam mengatakan, saat dirinya melaporkan rencana peresmian rumah kantor Bhabinkamtibmas di Siak kepada Kapolri Jendral Pol Sutarman, beliau sanggup hadir. Namun, saat acara digelar, beliau tidak lagi menjabat sebagai Kapolri.

"Begitu juga saat saya lapor ke Wakapolri, beliau ingin meresmikan langsung, tapi karena banyak tugas di Jakarta, makanya saya yang diperintahkan hadir. Artinya, begitu besar perhatian petinggi-petinggi Polri terhadap kamtibmas ini," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kabaharkam juga memberikan apresiasi kepada Kapolres Siak AKBP Dedi Rahman Dayan yang dinilai kreatif dan inovatif dalam melaksanakan Polmas Outbond 2015 di Bumi Perkemahan Siak, beberapa waktu lalu.

"Polmas Outbond yang sudah dilaksanakan Polres Siak akan menjadi program nasional bagi Polri," jelasnya.

Kabaharkan juga mengaku bangga dengan penampilan memukau yang diperagakan 30 orang polisi cilik dalam kegiatan baris berbaris. Mereka terlihat kompak dalam menguasai teknis baris-berbaris kendati usia rata-rata masih 14 tahun.

"Begitu juga tadi pengakuan salah seorang Bhabinkamtibmas, saya sangat bangga dan senang berada di Siak ini," pungkasnya.

Selanjutnya, Kabaharkam menandatangani puluhan prasasti rumah kantor Bhabinkamtibmas serta mengunting pita tanda diresmikannya pemakaian 83 rumah kantor Bhabinkamtibmas di Kabupaten Siak.

Ikut hadir mendampingi Kabaharkam, Dir Binmas Baharkam Polri, Brigjend Pol Hengky Kaluara, Komjen Pol Nakao Katsuhiko (JICA Japan), Kombes Pol Abe Katsuyoshi (JICA Japan) dan Kapolda Riau, Brigjen Pol Drs Dolly Bambang Hermawan. Acara itu juga dihadiri Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, Ketua DPRD Riau Suparman, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Bupati Inhil HM Wardan, Bupati Inhu Yopi Arianto, Bupati Kuansing Sukarmis, Bupati Rohil Suyatno, Kapolres se-Riau serta sejumlah pejabat penting lainnya di Riau.(nal)