SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Tolak ukur kesuksesan sebuah Pemilihan Umum (Pemilu) adalah dengan terciptanya situasi kondusif, aman, damai dan tertib baik bagi penyelenggara Pemilu maupun masyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolres Siak AKBP Dedi Rahman Dayan, SIk, MSi saat memimpin rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka Operasi Mantap Brata 2014 di Aula Tribata Mapolres Siak, Kamis (13/3/2014).

Dalam pertemuan tersebut, Pemkab Siak diwakili oleh Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, MSi, Kepala Kejari Siak Zainul Arifin, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Siak H. Irfanuddin. Sementar, dari penyelenggara Pemilu hadir Ketua KPU Siak H. Agus Salim dan Ketua Panwaslu Siak Aries Susanto, SHut. Juga hadir seluruh pengurus Parpol peserta Pemilu 2014.

Menurut Kapolres, adanya bencana kabut asap di tengah-tengah kesiapan penyelenggara pasti akan berdampak dalam pelaksanaannya. Apalagi menyangkut kesehatan para penyelenggara dan pengamanan.

"Walau demikian, kami yakin pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini akan berjalan dengan baik," kata Dedi. Saat bergulirnya pesta demokrasi, Polres Siak beserta jajarannya akan mengawal proses ini.

Dedi yakin, pasti adanya potensi gangguan dalam Pemilu tahun ini. Baik gangguan yang bersifat konvensional maupun modern. "Untuk itu, dalam rapat ini kita akan membahasnya. Supaya bisa diatasi secara bersama-sama," katanya.

Polres Siak, kata Dedi, memiliki komitmen tinggi dalam menciptakan Pemilu yang jujur, adil, demokrasi dan bermartabat. "Semua itu bisa diwujudkan, jika kita bersama-sama mengatasi setiap permasalahan yang ada," jelas Dedi.

Pada akhir rapat, pengurus Parpol diminta untuk mengikrarkan Pemilu damai. Ikrar tersebut, kata Dedi sebagai dasar tindak lanjut dalam menciptakan tujuan demokrasi.

"Ikrar ini, tidak hanya sekedar ikrar di tingkat kabupaten. Tapi, saya berharap para Polsek juga melakukan hal yang sama di tingkat kecamatan. Sehingga, ikrar ini benar-benar terwujud nantinya," harap Dedi diakhir sambutannya.(san)