SIAK SRI INDRAPURA - Beroperasinya dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat berkekuatan 100 KWp di Desa Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, akhirnya membikin rasio elektrifikasi (RE) Kabupaten Siak kian membaik.

Dari yang tadinya berada di angka 33,93 persen di tahun 2011, menjadi 57,04 persen tahun 2015. Ini berarti selama empat tahun, RE Kabupaten Siak melonjak 23,11 persen.

Lonjakan ini tak lepas dari upaya Pemkab Siak menggeber program listrik di Negeri Istana itu. Selama 4 tahun tadi, sudah 310,73 KMs Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang dibangun, 488,14 Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan 81 unit Trafo.

Alhasil, dari yang tadinya 74 desa/kampung belum teraliri listrik, sekarang tinggal 22 desa/kampung.Angka ini pun akan segera berkurang lantaran tahun depan kawasan Sungai Mandau juga bakal segera dialiri arus listrik.

Penghulu Teluk Lanus, Iwan Syahroni mengaku tak tahu harus mengatakan apa lagi atas apa yang sudah dirasakan warga kampungnya dua tahun belakangan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Siak atas semua ini. Kami yang ada di kawasan paling ujung, tapi sudah bisa menikmati listrik," katanya.

Iwan kemudian cerita bahwa Pemkab Siak juga sudah menyiapkan perencanaan untuk membuka isolasi kampung menuju Sungai Rawa sejauh 68 kilometer."Selama ini kami ke Buton cuma bisa lewat air. Kalau pakai speedboat bermesin ganda, butuh waktu 1,5 jam. Pakai kapal motor gratis milik Pemkab Siak lebih lama lagi. Butuh waktu 5 sampai 6 jam baru sampai ke Buton. Jadwal kapal motor itu Senin, Selasa, Kamis dan Jumat," ujar Iwan.

Kalau jalan sudah rampung kata Iwan, hasil tanaman warga bakal gampang diangkut ke Siak."Kita punya potensi sawah 1.000 hektar. Yang sudah digarap dengan sistim panen dua kali setahun, sudah 400 hektar," ujarnya.

Bagi Bupati Siak H Syamsuar, apa saja yang menjadi keluhan warga sudah ada dalam perencanaannya. Khususnya warga yang tinggal di kawasan pesisir di sepanjang Kecamatan Sungai Apit.

"Kita akan tuntaskan satu persatu. Sebab saya tak mau ada desa yang terisolir. Yang penting warga selalu semangat, jaga kekompakan dan kerjakan apa yang bisa dikerjakan. Biar itu menjadi contoh bagi anak-anak kita bahwa orang tua mereka adalah pekerja keras," ujar Syamsuar, usai meresmikan PLTS di Teluk Lanus, Senin (23/11/2015).rls