SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Menjadi perempuan tidak hanya berdiam diri di rumah dengan lakon Ibu Rumah Tangga (IRT). Namun, yang sangat penting adalah bagaimana menjadikan kaum perempuan mampu membantu peningkatan kesejahteraan keluarga.

Itulah kalimat yang diucapkan Yesy Ocfianti, Amd, SE saat dijumpai GoRiau.com, Kamis (27/3/2014) lalu. Yesy merupakan Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) nomor urut 3 yang maju di Daerah Pemilihan I Kabupaten Siak. Dapil tersebut meliputi Kecamatan Siak, Sabak Auh, Bunga Raya, Mempura, Pusako dan Sungai Apit.

Bagi Yesy, menjadi calon wakil rakyat tidak hanya mencukupi syarat 30 persen keterwakilan perempuan. Namun, ia punya keinginan kuat untuk memperjuangkan peran perempuan sebagai penggerak perekonomian keluarga.

Dalam kehidupan sehari-hari, Yesy sudah lama berkecimpung ditengah-tengah masyarakat. Ia aktif diberbagai organisasi. Dengan segenap pengalaman dan ilmu yang ia miliki, Yesy punya keinginan yang kuat untuk memajukan kaum perempuan di Kabupaten Siak, jika terpilih nanti.

Selama ini, kata Yesy, kaum perempuan lebih banyak mengurus rumah dan anak. Padahal, disela-sela sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT), kaum perempuan punya peluang untuk menambah penghasilan keluarga. "Jika penghasilan keluarga bertambah, tentunya tingkat kesejahteraan juga akan naik," tutur Yesy.

"Untuk itu, perlu adanya semacam Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang didalamnya kaum ibu-ibu," ulas Yesy. Ia yakin, kelompok kreatif ibu-ibu mampu menggerakkan perekonomian keluarga.

Menurut Yesy, masyarakat Kabupaten Siak akan sulit untuk maju, jika peran perempuan sangat minim dalam memperbaiki kualitas kesejahteraan keluarga.

Selain berkeinginan untuk membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat, Yesy juga akan memfokuskan perhatian pada pendidikan ahlak remaja. Supaya, nilai-nilai luhur budaya melayu yang kental dengan Islam tidak luntur tergerus arus globalisasi.

"Melihat kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, harus ada penguatan pendidikan akhlak generasi muda. Sehingga, ada filter di dalam dirinya," ujar Yesy.(san)