SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Keinginan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi untuk mengaspal jalan penghubung Perawang (Kecamatan Tualang, Siak)-Okura (Rumbai, Pekanbaru) melewati kebun sawit PT Surya Intisari Raya (SIR), didukung sepenuhnya oleh Plt Gubri, Arsyadjuliandi Rahman.

Jalan penghubung yang selama ini dimanfaatkan ribuan warga dari Perawang menuju Pekanbaru atau sebaliknya dengan menggunakan sepeda motor, diperkirakan memiliki panjang sekitar 12 km. Dimana, 2,7 km berada di Kabupaten Siak, sedangkan sisanya masuk Kota Pekanbaru.

"Pak Gubri sangat mendukung rencana kita untuk mengaspal jalan penghubung yang masuk Hak Guna Usaha (HGU) PT SIR. Kita sudah bicarakan juga rencana ini dengan pimpinan PT SIR, mereka sudah menyetujui juga, jadi tak ada masalah lagi. Nanti, sisa jalan akan diaspal Pemko Pekanbaru atau Pemprov Riau," jelas Syamsuar kepada GoRiau.com, Jumat (4/9/2015).

Selain itu, jalan Meredan menuju Simpang Badak, Kulim Pekanbaru yang masih tersisa belum diaspal juga akan diselesaikan Pemprov Riau tahun 2016 mendatang.

"Kadis PU Riau dan Kadis Bina Marga Siak akan turun langsung melihat kondisi jalan di PT SIR dan Maredan dalam waktu dekat," jelasnya.

Jika jalan penghubung PT SIR selesai diaspal, lanjut Bupati, diperkirakan hanya butuh 20 menit dari Perawang menuju Rumbai.

"Kalau jalan itu sudah selesai, tentu mobil juga bisa lewat. Diperkirakan dari Rumbai menuju Perawang hanya butuh waktu 20 menit, dan menuju Siak hanya 1 jam," pungkas Bupati.(nal)