SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pebalap asal Team Eddy Holland Bicycle Services Australia, Nick mengaku senang berada di Siak untuk mengikuti perlombaan balap sepeda Tour de Siak. Cuaca Siak yang sejuk, membuat dia bertambah yakin bisa meraih hasil maksimal pada kejuaraan yang mulai dipertandingkan besok, Kamis (18/9/14).

"Bagus, sejuk cuacanya, di sini nyaman," kata Nick didampingi manejernya Derek kepada GoRiau.com, Rabu (17/9/14) di kediaman Bupati Siak, usai menghadiri acara Tecnikal Meeting.

Terkait kabut asap yang menyelimuti langit Siak, menurut Derek hal itu tidak masalah. Karena kabut asap seperti ini juga sering terjadi di negaranya. "No problem. Cuaca bagus, tak masalah dengan kabut asap," ujar Derek

Begitu juga saat ditanya masalah penginapan dan makanan yang disajikan, Nick dan Derek mengaku suka dengan masakan Melayu yang sedikit pedas, terutama gulai ikan air tawarnya.

"Makanan saya suka pedas, enak makanannya, saya suka. Ada bawa makanan juga dari rumah. Senang berada di sini," pungkasnya.

Menjelang pembukaan Tour de Siak malam ini oleh Menpora Roy Suryo, sejumlah rangkaian kegiatan digelar panitia lokal, yakni funbike dan parade atlet.

"Usai kegiatan funbike dan parade atlet, baru malamnya acara pembukaan TdS yang dimeriahkan artis dangdut Cakra Khan," kata Sekretaris Panitia TdS, Hendrisan.

Pada parade atlet, satu persatu panitia memanggil 12 tim luar negeri dan 8 tim lokal untuk naik ke atas panggung. Rangkaian acara itu dihadiri Bupati Siak H Syamsuar, Dirjen Pariwisata Ekonomi Kreatif Prof Ahmadsyah, Kajati Riau, Kepala PN Siak serta sejumlah pejabat lainnya.

Adapun 12 tim luar yang mengikuti parade atlet, diantaranya, CCN Cysling Team dari Brunai, Eddy Holand Bicycle Services dari Australia, Malaysia National Team, Persatuan Lumba Basikal Trengganu dari Malaysia, Bahrain Cycling Team dari Bahrain, Singha Infinite Cycling Team dari Thailand, Team Gusto dari Taiwan, Tabriz Shahrdari Rangking Continental Team, Terengganu Pro Asia Cycling Team dan Brunai National Team.

Sedangkan 8 tim lokal, diantaranya, Pegasus Continental Team, Customs Cycling Club, KFC Jakarta, Milagro Racing Team, United Bike Kencana, Pengprov ISSI Kalbar, Pengprov ISSI Jakarta dan tim tuan rumah Bumi Siak Pusako.(nal)