SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Keberhasilan petani di Kecamatan Sungai Mandau mengolah lahannya, mendorong Bupati Siak Drs H Syamsuar untuk menambah lahan pesawahan baru. Bahkan, usai menggelar panen raya, Selasa (30/6/2015), Syamsuar langsung menginstruksikan dinas terkait agar segera mencari lahan pesawahan baru untuk petani.

"Saya mengaku senang melihat kondisi sawah dan semangat para petani di Sungai Mandau dalam mengelola lahan. Kerja keras mereka selama ini membuktikan Sungai Mandau mampu menjadi salah satu sentral padi di Siak," kata Bupati kepada GoRiau.com, Jumat (3/7/2015).

Syamsuar mengaku telah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura untuk segera menambah luas lahan pesawahan dari 600 hektare menjadi 1.000 hektare di Sungai Mandau.

 "Semangat para petani ini harus kita dorong dengan menambah lahan baru serta menyediakan semua kebutuhan yang diperlukan dalam upaya mewujudkan Siak sebagai penghasil beras terbesar di Riau serta mendukung program Pemerintah Pusat swasembada beras tahun 2017," ujar Syamsuar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Siak Hj Robiati mengaku lahan yang dibutuhkan para petani sudah ada, tinggal proses pengelolaan saja.

 "Kalau melihat kondisi di lapangan panen padi di Sungai Mandau meningkat luar biasa. Ini menunjukan pembinaan yang kita lakukan  terhadap petani telah berjalan dengan baik," ujarnya.(nal)