SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Berobat ke Rumah Sakit harus mendapatkan rasa sehat sebelum mendapatkan obat. Hal itu bisa didapatkan seorang pasien jika para tenaga medis, baik bidan maupun perawat memberikan pelayanan prima. Sebetulnya, untuk mewujudkan hal itu tidaklah susah. Semua tergantung komunikasi.

Hal itu yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak Tengku Said Hamzah saat memberikan arahan dihadapan mahasiswi Akademi Kebidanan (Akbid) Salma Siak, Selasa (28/1/2014) di Gedung Maharatu.

"Di luar negeri, pelayanan tersebut diterapkan. Ketika kita hendak berobat, mulai dari bandara para perawat sudah menunggu. Nanti dibimbingnya kita, diarahkannya kita, ke rumah sakit mana kita akan berobat," ucap Said Hamzah menceritakan pengalamannya berobat di Melaka.

Untuk itu, para mahasiswi lebih giat mendalami ilmu lain seperti komunikasi. Sebab, ilmu tersebut dipandang sangat perlu dalam menjalankan tugas di dunia kerja. "Sehingga, rasa sehat selalu dirasakan orang sakit ketika mereka hendak berobat," ujar Said Hamzah menantang mahasiswi.

Selain itu, Said Hamzah juga menekankan mahasiswa untuk belajar bersungguh-sungguh dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Sehingga, lulusan dari Akbid Salma mampu bersaing dengan lulusan lainnya. Ia menilai, selama ini alumni Akbid Salma sudah berkontribusi dalam membantu pemerintah mewujudkan hidup sehat.

"Mereka ada yang sudah menjadi PNS, bekerja di RSUD dan tempat-tempat praktek lainnya," sanjung Said Hamzah.

Said Hamzah juga meminta mahasiswa Akbid Salma berperan aktif di kampung halaman masing-masing. "Kalau balek kampong, jangan berdiam diri di rumah. Keluar, sampaikan ilmu yang didapat kepada masyarakat kita," kata Said Hamzah.(san)