SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Nindi Afriliawati (22), personil pemadam kebakaran (Damkar) BPBD Siak ditetapkan sebagai lulusan terbaik dari 600 peserta pendidikan dan latihan (Diklat) Formula 1 (F1)Damkar Nasional Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Atas prestasi tersebut, Nindi menerima sertifikat F1 langsung diserahkan Mendagri Gamawan Fauzi, Rabu (9/10/14) di Golden Boutique Hotel, Jakarta.

Sebelum penyerahan sertifikat, Nindi, yang berperawakan tomboy ini, berdiri gagah bersama 4 rekan sesama personil Yudha Brama Jaya dari berbagai daerah di Indonesia di panggung yang telah disiapkan. Tak lama kemudian, Mendagri menaiki panggung dan menyerahkan map batik seraya menyalami mereka satu persatu. Nindi yang merupakan satu-satunya wanita, sempat menarik perhatian Gamawan Fauzi, sebab dikiranya laki-laki. "Wah, ada wanita juga ya, selamat ya, selamat," seru Gamawan seraya tersenyum lebar.

Mendagri menyebutkan, diklat damkar adalah salah satu upaya Kemendagri  melalui Dirjen PUM dalam mereaktualisasi dan memperkuat fungsi damkar diseluruh Indonesia selaku lini terdepan mitra kemasyarakatan dalam penanggulangan dan penanganan bencana. "Kemendagri telah mensyaratkan adanya sertifikasi ahli damkar bagi para petugas damkar di Indonesia," ujarnya.

Hingga saat ini, kata Gamawan, Kemendagri telah mendidik sedikitnya 600 personil damkar dari seluruh Indonesia dan dari jumlah tersebut, maka ditetapkan 5 peserta terbaik dari 5 kabupaten/kota yakni kabupaten Siak, Banda Aceh, Bandung, Makasar dan Depok.

Kepala pelaksana BPBD Siak Wan Abd Razak MSi melalui Kabid damkar Irwan Pryatna SSi, mengaku sangat bangga atas prestasi anggotanya tersebut. Apalagi menjadi satu-satunya perempuan. " Tidak mudah menjadi yang terbaik dalam diklat damkar, karena latihannya sangat berat. Makanya kita sangat bersyukur atas prestasi anggota kita ini. Apalagi hal ini tentunya turut membawa nama baik Kabupaten Siak di kancah nasional," ujar Irwan.

Beberapa waktu lalu, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi juga menyampaikan rasa bangga dan bahagianya, atas prestasi Nindi tersebut. " Tentu bangga ya, apalagi dia seorang perempuan. Ini membuktikan kesungguhannya dalam menekuni tugas pokoknya. Semoga ilmu yang telah didapatnya dari diklat tersebut, dapat meningkatkan kualitas kerja serta motifasinya, tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk personil lainnya," ujar Bupati.(rlshumas)