SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Ratusan pejabat dan warga Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak yang sedang mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, tiba-tiba kaget melihat kobaran api menghanguskan satu rumah dinas dokter yang berada di samping Puskesmas.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dan ternyata rumah itu tidak digunakan dokter untuk tempat tinggal, tapi difungsikan untuk mengumpulkan barang-barang bekas dari Puskesmas.

"Kejadiannya siang tadi, sekitar jam 12 lewat, waktu itu kami sedang Musrenbang yang dihadiri Pak Wakil Bupati. Tiba-tiba peserta kaget dan berhamburan keluar untuk membantu memadamkan api. Hanya berselang 30 menit, api berhasil dipadamkan, dibantu mobil damkar milik kecamatan. Yang terbakar itu rumah dinas dokter yang tak ditempati, lokasinya persis di samping Puskesmas," jelas Camat Sungai Apit Joko Edi Imhar kepada GoRiau.com, Rabu (25/2/15).

Informasi dari pihak PLN, kebakaran itu akibat arus pendek atau konsleting. Namun, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran itu."Kalau penyebab kebakaran, coba tanya ke polisi saja," ujar Camat. Dia menambahkan, Kadiskes Siak Tony Chandara dan semua pejabat, termasuk Wakil Bupati Siak H Alfendri ikut melihat kejadian itu dan langsung ke lapangan.

Kapolsek Sungai Apit, AKP Syafnil menjelaskan, kebakaran rumah dinas dokter itu terjadi sekitar pukul 12.25 WIB, Rabu (25/2/15). Kronologisnya, Erly, salah seorang pegawai Puskesmas mendapat informasi dari warga, melihat api dari dalam kamar yang berada di belakang rumah dinas itu. Mendengar informasi itu, Erly segera memberitahukan kepada pegawai Puskesmas lainnya dan melaporkan kebakaran itu kepada masyarakat.

"Seketika, warga berlarian menuju lokasi dan berusaha memadamkan api agar tidak menyebar ke rumah lainnya. Dibantu mobil damkar dan ratusan warga, 30 menit berselang api berhasil dipadamkan. Untuk mengetahui asal api, kita masih melakukan penyelidikan," tutup Kapolsek.(nal)