SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Ada yang menarik saat kedatangan rombongan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno ke Kabupaten Siak untuk meresmikan 83 Rumah Kantor Bhabinkamtibmas yang dipusatkan di Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Kamis (29/1/15).

Kehadiran dua orang polisi Jepang mencuri perhatian awak media dan masyarakat yang mengikuti rangkaian kegiatan itu. Adalah Komjen Pol Nakao Katsuhiko dan Kombes Pol Abe Katsuyoshi dari Japan International Coorporation Agency (JICA Japan) atau badan kerjasama internasional Jepang.

Dengan menggunakan bahasa Inggris, Jepang dan sedikit Indonesia, Nakao mengagumi Kota Siak yang indah serta kepedulian pemerintah daerah menjaga hutan lindung yang berada di tengah kota.

Sementara, Kombes Abe awalnya tidak percaya, kalau di setiap desa di Siak ada satu rumah kantor Bhabinkamtibmas. Pasalnya, Jepang yang termasuk negara maju saja hanya punya kantor Bhabinkamtibmas untuk 3 desa.

"Satu Chuzaisho (kantor Bhabinkamtibmas,red) untuk tiga desa di Jepang. Di sini satu desa satu kantor, sangat bagus," pujinya.(nal)