SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi menjelaskan, pertengahan bulan September 2014 nanti akan dilakukan uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 2X15 Megawatt yang berada di Kelurahan Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit, Siak.

Syamsuar berharap, uji coba PLTG yang dikerjakan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini dapat berjalan sukses, sehingga nantinya mampu memenuhi kebutuhan tenaga listrik untuk masyarakat Siak.

"September ini (PLTG Sungai Rawa) akan diuji coba, kita doakan semoga berhasil sehingga jaringan listrik yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan untuk mengalirkan listrik ke masyarakat Siak," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (28/8/14).

Berdasarkan informasi dari PLN, lanjut Syamsuar, saat ini sudah berhasil ditemukan gas di lokasi pengeboran. Namun, untuk membuktikan keberadaan gas itu, maka dilakukan tahapan uji coba. Dimana sebelumnya, pihak PLN sudah melakukan beberapa kali pengeboran, sebelum menemukan keberadaan gas tersebut.

"Saat ini, kita sedang menunggu jawaban dari Kementerian BUMN, terkait izin uji coba PLTG ini," ujarnya.

Sejak tiga tahun terakhir, lanjut Syamsuar, kebutuhan tenaga listrik di Kabupaten Siak terus mengalami peningkatan. Sementara, daya yang dimiliki PLN terbatas. Sehingga, untuk mengatasi persoalan ini, terpaksa pihak PLN melakukan pemadaman bergilir yang menganggu aktivitas masyarakat.

"Dengan adanya PLTG ini, nantinya tidak ada lagi pemadaman listrik karena daya yang dihasilkan sangat besar," tutupnya.(nal)