SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengku kesal terkait masih banyaknya truk penggangkut sawit melewati ruas jalan kabupaten yang over kapasitas. Sehingga, kondisi jalan yang baru diperbaiki kembali rusak sehingga merugikan masyarakat. Untuk mengatasi persoalan itu, Bupati menginstruksikan Dinas Perhubungan agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap truk-truk sawit itu.

"Saya perintahkan Dishub harus tingkatkan pengawasan, kalau lenggah sedikit, truk over kapasitas itu leluasa lewat jalan yang baru selesai diperbaiki. Kalau dibiarkan, jalan rusak lagi, jadi Dishub harus tegas menindak truk yang bandel itu," kata Bupati saat menggelar konferensi Pers di salah satu rumah makan di Siak, Rabu (8/10/14).

Pantauan GoRiau.com, tiga minggu setelah pelaksanaan Tour de Siak, ruas jalan dibeberapa titik di Kota Siak kembali rusak. Hal itu disebabkan kurangnya pengawasan dari Dinas Perhubungan dan Polres Siak terhadap truk penggangkut sawit yang melebihi tonase melewati ruas jalan tersebut.

Contohnya, ruas jalan dari Siak menuju Simpang Buatan kembali rusak disejumlah titik. Tambal sulam yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum sebelum pelaksanaan Tour de Siak, aspalnya terlihat mengelupas. Sehingga, membahayakan bagi pengendara, khususnya sepeda motor. Sejumlah pekerja harian lepas Dinas PU Siak terlihat kembali menambal jalan yang rusak itu agar tidak semakin parah.

"Kalau untuk perbaikan itu kerjaan kita, tapi pengawasan terhadap truk melebihi tonase itu tugas Dishub dan Polres. Jangan salahkan kita kalau jalan kembali rusak, tanya ke Dishub saja," ujar Kadis PU Kimpraswil Siak, Irving Kahar.(nal)