SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar memberi apresiasi terhadap keaktifan warga Muhammadiyah dalam berbagai kegiatan ditengah-tengah masyarakat. Namun masih memerlukan motivasi untuk berbuat lebih banyak lagi bagi kemaslahatan umat.

''Termasuk tentunya kegiatan didunia pendidikan dan dakwah, amar ma'ruf nahi mungkar yang tentunya menjadi komitmen dari gerakan Muhammadiyah,'' ujar Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi saat menghadiri Tablikh Akbar dalam rangka Milad Muhammadiyah Tahun 2014 di Desa Sungai Tengah Kecamatan Sabak Auh, Sabtu (22/11/2014).

Hadir pada acara ini Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau Drs H Raja Ramli Ibrahim, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Siak, Camat Sabak Auh beserta Unsur Pimpinan Kecamatan, seluruh pimpinan cabang dan ranting muhammadiyah se kabupaten Siak serta warga Muhammadiyah lainnya..

''Kami tentunya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas darma bakti muhammadiyah di kabupaten Siak, termasuk tadi adalah bagaimana dengan adanya desa binaan muhammadiyah,'' tambahnya.

Selanjutnya bupati mengajak seluruh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan yang ada untuk membenahi persoalan-persoalan serta tantangan zaman yang dihadapi.

Dibidang dakwah Syamsuar menyoroti perlunya usaha bersama dalam menyampaikan ajaran dan anjuran agama islam itu sendiri, karena menurutnya hingga saat ini terutama di pedesaan masih terdapat anak-anak yang tidak bisa membaca alqur'an, sholat berjamaah yang belum ditegakkan dimasjid-masjid. ''Guru mengaji saja bukannya tidak ada, malah digaji oleh pemerintah daerah, akan tetapi kesadaran untuk mengantarkan anaknya mengaji juga masih kurang. Ini kami lihat masih saja terjadi terutama didaerah-daerah pedesaan. Ini adalah tantangan umat Islam,'' tegasnya.

Sementara itu Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang disampaikan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Siak H Mukhyarudin Matondang mengungkapkan ada dua agenda besar yang dilaksanakan, selain milad juga telah dilaksanakannya Musyawarah Pimpinan seluruh Cabang Muhammadiyah dengan merumuskan agenda-agenda penting dalam menghadapi Mukhtamar Muhammadiyah 2014.

Mukhyarudin menambahkan eksistensi Muhammadiyah tentu dapat dilihat dari terobosan-trobosan yang dilakukan dibidang pendidikan. Baik ditingkat PAUD, MI, Madrasah menengah hingga Sekolah Menengah Kejuruan. Selain itu muhammdiyah Siak juga konsen dalam membangun sumber daya manusia dalam media dakwah hingga membentuk desa binaan di kabupaten Siak yang berada dibawah binaan Muhammadiyah. (rls)