SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, terwujudnya ketentraman dan ketertiban umum yang kondusif merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah daerah.

"Undang-undang tentang Pemerintah Daerah pasal 12 jelas menyebutkan bahwa pemerintah daerah berkewajiban untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif untuk keamanan masyarakat. Bukan hanya masalah pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur saja yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Makanya, saya sangat mendukung penuh kegiatan Polmas Outbond yang digagas Polres Siak ini. Bahkan, kita sudah tetapkan menjadi agenda tahunan," kata Bupati, saat memberikan sambutan pada pembukaan Polmas Outbond di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Selasa (13/1/15).

Pada kesempatan itu, Bupati menjelaskan terbentuknya Kabupaten Siak pada 12 Oktober 1999, yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Bengkalis. Berdasarkan data per Desember 2014, kata Bupati, jumlah penduduk Siak yang berada di 12 kecamatan yang terdiri dari 122 desa dan 9 kelurahan sekitar 508 ribu jiwa.

Guna mewujudkan visi dan misi Kabupaten Siak 2011-2016, lanjut Bupati, dibidang kesehatan, pemerintah daerah sudah membangun Puskersmas Pembantu (Pustu) dengan pelayanan gratis disetiap desa dan kelurahan. Bidang pendidikan, pemerintah daerah telah memprogramkan wajib belajar 12 tahun yang dikuatkan dengan Peraturan Daerah (Perda). Sedangkan dibidang kesejahteraan, pemerintah daerah terus mengembangkan perekonomian masyarakat dengan mendorong ekonomi kreatif.

"Selain itu juga bantuan ADD, Pokmas, pajak retribusi daerah serta bantuan dari provinsi dan pusat. Untuk tahun ini, setiap desa di Siak minimal mengelola dana Rp3 miliar. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tentu semua ini dapat terwujud, apabila suasana di desa itu aman dan kondusif," jelas Syamsuar.

Ikut hadir pada kegiatan itu, Kapolda Riau Brigjen Pol Drs Dolly Bambang Hermawan, Wakil Bupati Drs H Alfedri Msi, Iwarda Polda Riau, Kapolres Siak AKBP Dedi Rahman Dayan, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, puluhan perwira Polda Riau serta ratusan peserta Polmas Outbond yang terdiri dari camat, kades, lurah damramil dan babinsa se-Kabupaten Siak.(nal)