SIAK SRI INDRAPURA, - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menghadiri malam persiapan perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga Tionghoa di turap, Kecamatan Siak, Minggu (7/2/2016) malam.

Bupati berharap warga Tionghoa mendukung dan berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Siak. "Kita harus mencari hal-hal baru yang dapat meningkatkan PAD kita, salah satunya mengembangkan potensi pariwisata," kata Bupati.

Dikatakannya, pembangunan turap akan terus dilanjutkan hingga di depan Masjid Syahbudin, begitu juga turap yang berada di seberang, Kecamatan Mempura. "Sekarang bisa kita nukmati, ada dua jembatan serta lampu-lampu yang menambah keindahan malam di Kota Siak," ujarnya.

Syamsuar tetap berfokus mengembangkan potensi pariwisata dengan meningkatkan sarana dan prasarana, termasuk turap. "Turap kita ini sering dipuji orang, ada yang mengatakan mirip di luar negeri," ungkapnya.

Dia mengajak masyarakat yang berada di pinggirian Sungai Siak agar memanfaatkan turap dengan baik, termasuk menjaga kebersihan dan keindahan Water Front City yang dibanggakan ini.

Pada kesempatan itu Bupati didampingi Lurah Kampung Dalam beserta warga Tionghoa memasang petasan sebagai kebiasaan bagi warga Tionghoa setiap menyambut Tahun Baru Imlek.

Ketua panitia Efendi menyebutkan kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi warga Tionghoa dengan masyarakat sekitar yang terus terjaga dengan baik. Selain itu dirinya meminta pengertian dan tenggang rasa dari warga pribumi terkait perayaan Tahun Baru Imlek ini.

"Petasan ini merupakan budaya kita setiap Imlek, gunanya mengusir nasib-nasib buruk tahun sebelumnya dan mengharapkan masa depan yang lebih cerah dan bahagia," tutup Efendi.rls