SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pernyataan General Manager PT PLN Wilayah Riau-Kepri Dodi Pangaribuan yang menyebutkan pengoperasian PLTG Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit, Siak berkapasitas 25 Mega Watt akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat, disambut positif Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi.

Dia berharap, rencana pengoperasian PLTG oleh PT PLN itu jangan sampai gagal lagi, karena sudah cukup lama masyarakat Siak mendambakan pasokan listrik dari PLTG tersebut.

"Memang saya dengar seperti itu. PLN akan segera melakukan uji coba pengoperasian PLTG Sungai Rawa di satu mesin pembangkit. Mudah-mudahan semua rencana ini terealisasi. Kasihan masyarakat, sudah lama mereka menunggu agar PLTG itu beropeasi," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Rabu (19/11/14) lalu, di ruang kerjanya.

Diakui Syamsuar, mengatasi krisis listrik merupakan salah satu visi misinya sebelum menjadi Bupati Siak. Upaya itu dibuktikan dengan melakukan kerjasama dengan PT PLN agar persoalan ini teratasi. Saat ditemukan adanya cadangan gas di Sungai Rawa, kata Syam, pihaknya langsung menerima respon dari PT PLN terkait apa saja dapat dilakukan pemerintah daerah agar pengoperasian PLTG itu secepatnya terlaksana.

"Kalau urusan listrik itu, kan kewenangan penuh PT PLN. Pemerintah daerah hanya boleh menyediakan sarana penunjang seperti membangun jaringan ke desa-desa. Dan itu sudah kita lakukan. Saya selalu berdoa agar PLTG ini secepatnya beroperasi, sehingga masyarakat juga bisa segera menikmati. Sebagai Bupati, rasanya upaya saya sudah maksimal, tinggal bagaimana PLN dapat mewujudkan impian masyarakat agar bisa menikmati listrik selama 24 jam," jelas Bupati.

Dia menjelaskan, menjelang masa jabatannya berakhir pertengahan 2016 nanti, persoalan listrik, ketersediaan air bersih dan infrastruktur jalan di pedesaan merupakan masalah yang harus diselesaikan. Namun, untuk mengatasi persoalan listrik, pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan penuh, sebab hal itu merupakan kewajiban PT PLN.

"Kalau PLTG Sungai Rawa ini dapat beroperasi, alangkah bahagianya masyarakat Siak. Bagi saya, ini juga suatu kebanggaan. Makanya disetiap kegiatan di desa-desa, saya selalu sampaikan rencana ini kepada warga. Sudah cukup sabar warga Siak menunggu selama ini, mari kita doakan agar upaya PLN ini berhasil," papar Bupati.

Seperti diberitakan, GM PT PLN Wilayah Riau-Kepri, Dodi Pangaribuan mengatakan, sekitar awal bulan Desember 2014, pihaknya akan melakukan uji coba pengoperasian PLTG Sungai Rawa dengan satu mesin pembangkit berkapasitas 2,2 MW. Apabila uji coba itu berhasil, kata Dodi, selanjutnya akan dilakukan pengoperasian oleh mesin pembangkit lainnya hingga dua bulan ke depan semua mesin yang ada sudah dapat digunakan.

"Ada 12 mesin pembangkit yang berada dilokasi saat ini dengan kapasitas 2,2 MW per mesin. Apabila semua mesin berhasil dioperasikan, daya yang akan dihasilkan dari PLTG Sungai Rawa itu mencapai 25 MW lebih," jelas Dodi.

Sementara, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Siak, Amin Budyadi mengatakan, pembangunan PLTG Sungai Rawa merupakan kerjasama PT Petro Selat dengan PT PLN. Kendati demikian, karena daerah operasi berada di Siak, maka kedua perusahaan plat merah ini akan mengalokasikan sekitar 10 MW daya listrik untuk masyarakat Negeri Istana ini.

"Dari 14, ada 7 kecamatan yang bisa menikmati listrik dari PLTG, diantaranya, Kecamatan Sungai Apit, Sabak Auh, Pusako, Bunga Raya, Siak, Mempura dan Kecamatan Dayun. Kalau ini terealisasi, ratusan desa yang berada di tujuh kecamatan ini akan terang benderang," tutup Amin.(nal)