SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak H Syamsuar bersama Wakil Bupati H Alfedri membuka Gerakan Masyarakat (Gemar) Tualang Berzakat di Masjid Al Huda Kampung Perawang, Kamis (2/7/2015) malam. Pada kesempatan itu, Syamsuar-Alfedri juga menggelar buka puasa bersama ratusan anak yatim dan kaum dhuafa.

Bupati berharap gelora dan semangat untuk pengumpulan zakat di 14 kecamatan di Siak setiap tahunnya terus meningkat.

"Dari informasi yang kami peroleh dari zakat produktif telah banyak keberhasilan dan selanjutnya diharapkan menjadi muzaki bukan penerima zakat," kata Bupati.

Kabupaten Siak, lanjut Syamsuar, salah satu daerah di Riau yang terus komit dalam menanggulangi masalah kemiskinan. Hal itu terbukti dengan berkurangnya jumlah warga miskin setiap tahunnya di Negeri Istana ini.

"Kita juga telah membuat Perda penanggulangan kemiskinan sebagai payung hukum untuk membantu masyarakat miskin," jelasnya.

Di samping membangun fisik, kata Syamsuar, pemerintah daerah juga membangun nonfisik dalam hal ini pembangunan keagamaan dan sumber daya manusia.

Sebelumnya diserahkan penghargaan kepada unit-unit pengumpul zakat untuk Penghulu, Camat Tualang dan perusahaan terbaik dalam pengelolaan zakat, serta penyaluran zakat konsumtif tahap II.(nal/rls)