SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kendati Kabupaten Siak merupakan daerah nomor 2 yang memiliki APBD terbesar setelah Bengkalis, namun masih ada 4 dari 14 kecamatan yang belum menikmati air bersih. Keempat kecamatan itu diantaranya, Sabak Auh, Pusako, Kerinci Kanan, dan Lubuk Dalam.

 Sulitnya mendapatkan air bersih ini semakin terasa saat memasuki musim kemarau. Bahkan, keberadaan UPT-AB belum mampu menjangkau seluruh rumah penduduk, khususnya yang berada di kota. Salah satunya di Desa Buantan Besar di Kecamatan Siak dan beberapa desa lainnya.

 Hafis (35), warga RT 01 dusun II Desa Buantan Besar, Kecamatan Siak, mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih saat musim kemarau tiba.

 "Warga di kampung kami ini, sangat kesulitan mendapatkan air bersih saat musim kemarau tiba. Sehingga banyak masyarakat terpaksa menggunakan air sungai Siak, untuk memenuhi kebutuhannya. Sementara kondisi air sungai Siak juga tidak bagus lagi seperlu dulu," ujarnya, Rabu (11/3/15).

 Hal senada juga disampaikan Muslim (30) warga Desa Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh. Dia menilai Pemkab Siak kurang tanggap mengatasi masalah air bersih ini, khususnya di daerah yang jauh dari ibukota kecamatan. Padahal, setiap tahunnya APBD Siak sangat besar.

 "Di kampung kami, warga juga kesulitan untuk mendapatkan air bersih, namun sampai detik ini Pemkab Siak tak kunjung melakukan pemasangan pipa, guna penyaluran air bersih, padahal dibeberapa kecamatan sudah tersalur," tutur Muslim.

Menaggapi persoalan itu, Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Tarcip) Kabupaten Siak, melalui Kepala Seksi (Kasi) Air Bersih, Amir Faisal, membenarkan masih terdapat empat kecamatan di Kabupaten Siak yang saat ini belum tersalur air bersih.

 Untuk mengatasi hal ini, Dinas Tarcip sudah menyusun program penyaluran air bersih di tahun 2015 ini."Kita segera melakukan upaya penyaluran bantuan pengolahan air bersih tahun ini," jelasnya.

"Adapun kecamatan yang akan mendapat bantuan pengolahan  air bersih tahun 2015 ini adalah, Pusako, Kerinci Kanan, dan Lubuk Dalam," pungkasnya.(nal)