SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Diduga akibat burung walet, lima ruko semi permanen di Jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak hangus dilalap si jago merah, sekitar pukul 17.30 WIB, Rabu (8/10/14). Meskipun tak ada korban jiwa, namun diperkirakan kerugian material mencapai Rp2 miliar. Daerah ini juga dikenal perkampuangan warga Tinghoa Siak.

Pantauan GoRiau.com, lima semi ruko yang terbakar merupakan bengkel sepeda motor, mini market dan tiga ruko menjual ponsel. Salah seorang saksi mata menyebutkan, penyebab kebakaran diduga akibat adanya penangkaran burung walet dibelakang ruko.

"Api berasal dari belakang ruko, di sana ada sarang burung walet. Mungkin gara-gara burung walet menyenggol atau mematok kabel listrik sehingga terjadi konsleting dan menimbulkan api," kata Ayong, saksi mata kepada GoRiaua.com.

Dua unit mobil pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api, tapi hingga saat ini api belum dapat dikendalikan. Ribuan warga juga berkerumun melihat peristiwa itu. Dari salah satu kedai terdengar ledakan keras yang diduga akibat gas elpiji terbakar. Sementara, puluhan personil polisi berjaga-jaga di lokasi dan mengatur arus lalulintas. Hingga berita ini dirilis belum diperoleh keterangan resmi dari pihak terkait.(nal)