SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mendukung kegiatan workshop jurnalistik yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Siak untuk meningkatkan kompetensi wartawan. Sehingga, kemampuan yang dimiliki wartawan dapat membantu pemerintah untuk menyampaikan program pembangunan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sangat bagus, karena untuk bersaing dibidang apapun, kita harus tingkatkan kemampuan, begitu juga wartawan. Dengan adanya peningkatan kompetensi, seorang wartawan semakin memahami perannya dalam menjalankan tugas jurnalistik, termasuk membantu pemerintah daerah untuk menyampaikan kegiatan pembangunan kepada masyarakat," kata Syamsuar saat membuka Workshop Jurnalistik dan BOB's Media Gathering 2014 di Hotel Grand Mempura Siak, Rabu (22/10/14).

Ikut hadir pada kesempatan itu, Wasekjen PWI Pusat Rudy Novrianto, Senior Operasional Manager BOB Sudiono, Sekjen PWI Riau Eka Putra, Penasehat AJI Riau Hasan Basril yang juga Pimpred GoRiau.com, Ketua PWI Siak Ali Masruri serta puluhan wartawan liputan Siak.

Bupati berharap dengan adanya kegiatan workshop jurnalistik ini mampu meningkatkan kemampuan wartawan, khususnya yang bekerja di Kabupaten Siak. Sehingga berita yang ditulis seorang wartawan menjadi referensi bagi masyarakat untuk mengetahui berbagai program pembangunan yang sedang dilaksanakan pemerintah daerah.

"Saya berharap kegiatan ini semakin menambah wawasan wartawan dalam menulis berita, sehingga bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat yang membaca berita yang ditulisnya," jelas Bupati.

Wasekjen PWI Pusat Rudy Novrianto mengatakan, meningkatkan profesionalisme wartawan merupakan salah satu program PWI. Sejauh ini, PWI sudah melaksanakan uji kompetensi wartawan di lima provinsi, termasuk Riau.

"Semakin profesional seorang wartawan, diharapkan bertambah kritis yang sifatnya membangun dalam mengontrol kinerja pemerintah daerah, sehingga mendorong upaya pemda dalam menjalankan roda pemerintahan," ujarnya.

Senior Operasional Manager BOB Sudiono mendukung kegiatan jurnalistik yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Siak.

"Saya bangga, ternyata kegiatan workshop ini dihadiri Pak Bupati dan PWI Pusat. Mudah-mudahan kegiatan ini semakin meningkatkan kemampuan wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik. Begitu juga pemahaman tentang operasional BOB, dimana lapangan minyak peralihan dari Chevron yang produksi mulai turun. Kita berharap penurunan produksi minyak dapat diminimalisir, sehingga umur BOB panjang," ujar Sudiono.

Ketua PWI Ali Masruri berharap kegiatan workshop ini mampu meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugas jurnalistik, khususnya di Kabupaten Siak.(nal)