SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kendati pemerintah pusat telah menetapkan hasil Ujian Nasional (UN) bukan lagi syarat mutlak untuk lulus, namun hal itu tidak boleh menjadi alasan bagi siswa untuk tidak serius mengikuti UN.

"Siswa harus semangat, meski tak lagi sebagai syarat lulus, tapi nilai UN tetap menjadi acuan standar kelulusan dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," pesan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi saat melakukan kunjungan ke beberapa SMA/sederajat di Kecamatan Siak yang sedang melaksanakan UN, Senin (13/4/15).

Setiap mendatangi sekolah, Bupati selalu memberi dukungan dan semangat kepada pelajar agar tetap serius dan sungguh-sungguh dalam menjalankan UN tahun ini.

"Kebijakan pemerintah terkait UN menjadi nafas segar bagi pelajar akan ketakutan saat mengikuti UN, dan tak kalah pentingnya para orang tua pelajar tidak lagi merasa cemas yang berlebihan akan kondisi anak-anaknya saat menghadapi UN ini. Karena seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak kasus bunuh diri dan depresi berat bagi pelajar akibat kurangnya persiapan mental dan ilmu agama dalam menghadapi UN," jelas Bupati.(rls)