SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Siak terus berupaya meningkatkan pembangunan dibidang kesehatan dengan program Jaminan Kesehatan Daerah (JKD). Agar program kesehatan ini berjalan sukses, Dinas Kesehatan Siak diminta berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Kementerian Kesehatan.

"Pemerintah Pusat juga punya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Agar tidak terjadi tumpang tindih, Dinas Kesehatan Siak harus berkoordinasi dengan pusat dan provinsi, sehingga program jaminan kesehatan ini tepat sasaran," kata Sekdakab Siak Drs H Tengku Said Hamzah saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Siak di Gedung Mahratu, Siak, Rabu (10/12/14).

Ikut hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Riau, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Kementerian Dalam Negeri serta ratusan tenaga kesehatan di Siak.

Dikatakan Sekdakab, kegiatan ini hendaknya dapat membangun komitmen bersama dalam melaksanakan pembangunan dibidang kesehatan. Saat ini, Kabupaten Siak memiliki IPN 7,4 dan menempatkan Siak peringkat 3 setelah Pekanbaru dan Dumai.

"Kalau tingkat kabupaten, Siak terbaik di Riau. Tahun 2013 dan 2014, kita sudah membangun Puskesmas di Bungaraya dan Perawang, 13 Puskesmas Pembantu dan menyediakan 15 unit mobil ambulance. Tahun 2015 nanti, kita juga berencana membangun Puskesmas di Dayun dan Kerinci Kanan serta Puskesmas rawat inap di Perawang. Semua ini kita lakukan untuk meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan yang diiringi dengan program Jaminan Kesehatan Daerah," jelas Sekdakab.

Kendati demikian, ada sejumlah program kesehatan yang menjadi perhatian kedepannya, seperti menekan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan, mengantisipasi wabah penyakit sejak dini, pemerataan fasilitas kesehatan serta tenaga media dan non medis.

"Pada kesempatan ini, saya tekankan agar tenaga kesehatan harus meningkatkan kinerja dalam memberi pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata kepada masyarakat," ujar Sekda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Toni Candra menambahkan, Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) ini mengambil tema penguatan peran jajaran kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Selama ini program JKN masih kurang sosialisasi, apalagi di Siak selama ini juga punya JKD. Tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi terkait program JKN dan JKD sehingga tidak salah sasaran," pungkasnya.(nal)