SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik adalah dibukanya peluang bagi masyarakat untuk turut serta dalam proses pembangunan, termasuk aspek perencanaan.

"Ruang yang disiapkan bagi keikutsertaan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan adalah Musrenbang yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari desa sampai tingkat nasional," kata Syamsuar, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Mesrenbang) Kecamatan Sabak Auh di Aula Kantor Camat Sabak Auh, Jumat (20/2/15).

Turut hadir Wakil Bupati Siak H Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Sejumlah Pimpinan SKPD terkait, Camat Sabak Auh beserta Upika, Penghulu Kampung se- Kecamatan Sabak Auh serta tokoh masyarakat.

Dikatakan Syamsuar, program program pembangunan dan iven daerah baik yang berskala lokal, nasional maupun internasional yang tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan Kabupaten Siak sebagai pusat budaya Melayu di Indonesia.

Selama tiga tahun terakhir, lanjut Bupati, Kabupaten Siak telah menjadi kabupaten yang lebih baik. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai peringkat ketiga tingkat Provinsi Riau. Sedangkan pada aspek pelayanan dasar bagi masyarakat telah dapat merasakan layanan pendidikan dan kesehatan secara merata dan berkeadilan, termasuk bagi penduduk tidak mampu yang mendapat bantuan dari pemerintah daerah untuk melanjutkan pendidikan dasar hingga 12 tahun.

Pada sektor kesehatan, Pemkab Siak terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui beberapa kegiatan. Untuk sektor program pengentasan kemiskinan, kata Syamsuar, Pemkab telah menetapkan strategi melalui Perda Nomor 12 Tahun 2012.

"Musrenbang kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan, yang dikoordinasikan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan dilaksanakan oleh Camat," jelasnya.(rls)