SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, Musyawarah Rencana Pembangunan(Musrenbang) tingkat kecamatan diharapkan dapat mengusulkan sejumlah program pembangunan yang harus memprioritaskan kepentingan masyarakat.

         "Kalau keinginan tentu banyak, tak bisa diakomodir semuannya. Maka dari itu harus cermat melihat apa saja usulan itu yang merupakan kepentingan masyarakat, itu yang harus diprioritaskan," kata Syamsuar, saat membuka Musrenbang Kecamatan Tualang di Aula Serbaguna, Rabu (18/2/15).

         Hadir pada Musrenbang Kecamatan Tualang itu, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi, sejumlah pejabat, Camat Tualang Zulkifli, Upika, Lurah dan tokoh masyarakat Tualang.

Bupati Syamsuar sengaja membawa wakilnya Alfendri dan Ketua DPRD Siak serta seluruh pimpinan satuan kerja untuk menghadiri Musrenbang Kecamatan Tualang. Hal itu bertujuan agar dapat memberikan masukan guna menghimpun aspirasi masyarakat dalam hal pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di kecamatan yang jumlah penduduk terbanyak di Siak ini.

Bupati mengakui, dari pembangunan yang telah dilaksanakan masih ada yang belum terpenuhi. "Untuk itu, kita ingin cek dan melakukan evaluasi," jelasnya.

           "Tahun 2015 ini, Pemkab Siak akan fokus melanjutkan program pembangunan. Khususnya desa-desa pinggiran, sebagai upaya agar maju dan berkembang seperti desa lainnya di Siak," tegasnya.

         Selain itu, lanjut Bupati, di bidang kesehatan juga diprioritaskan pembangunan sarana kesehatan seperti puskesmas dan pustu.

"Kita juga sudah berencana, bagaimana kedepannya di Perawang ini ada rumah sakit pemerintah, mengingat jumlah penduduk yang paling banyak di Siak. Kemudian, persiapan laboratorium dan sarana pendidikan formal dan non formal. Pengembangan perekonomian daerah dan peningkatan kerakyatan, pengembangan pariwisata, infrastruktur dan reformasi birokrasi dan inisiasi pelayanan publik. Pembangunan infrastruktur seperti jalan, jaringan listrik dan ketersedian air bersih juga menjadi prioritas kita," pungkas Bupati.

Sementara Camat Tualang Zulkifli menyampaikan, usulan prioritas yang dibutuhkan warga desa dan kelurahan dapat terealisasi."Kita berharap apa yang dibutuhkan desa dapat teralisasi," ujarnya.(rls)