SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sesuai jadwal, besok, Senin (20/10/14), legislator dari Partai Golkar Indra Gunawan akan dilantik dan disumpah sebagai Ketua DPRD Siak periode 2014-2019. Selain ketua, pelantikan yang dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Siak Sorta Ria Neva SH MHum sekaligus mengambil sumpah dua Wakil Ketua DPRD Siak, Sutarno dari Partai Gerindra dan Syahrul dari PDI Perjuangan.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Siak H Rudinal saat dihubungi GoRiau.com, Minggu (19/10/14), memastikan pelaksanaan pelantikan tiga pimpinan DPRD Siak itu akan dilakukan Senin (20/10/14).

"Sekitar 300 undangan sudah disebarkan sejak dua hari lalu untuk menghadiri momen penting ini. Selain dihadiri Bupati dan Wakil Bupati serta Fokominda, pelantikan ini juga akan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan pimpinan partai politik serta ribuan masyarakat Siak," kata Rudinal.

Seperti diberitakan, 40 anggota DPRD Siak hasil pemilu legislatif tahun 2014 sudah dilantik 14 September lalu. Usai dilantik, hanya pembentukan fraksi-fraksi yang bisa dilaksanakan anggota Dewan terpilih, karena pimpinan Dewan definitif belum ditetapkan. Lambatnya pelantikan pimpinan Dewan definitif itu juga dipengaruhi tertangkapnya Gubernur Riau Annas Maamun oleh KPK beberapa minggu lalu. Sehingga, usulan Sekwan Siak terkait tiga nama untuk ditetapkan sebagai pimpinan Dewan definitif juga ikut terganggu.

"Mudah-mudahan dengan dilantiknya tiga pimpinan Dewan definitif ini dapat segera melaksakan sejumlah agenda lainnya, seperti pembentukan tatib, komisi-komisi, banggar, baleg dan banmus," jelas Rudinal.(nal)