SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Siak Amin Budyandi mengatakan, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi bersama Kepala PLN Ranting Siak sudah melakukan pembicaraan dengan Bupati Pelalawan HM Harris terkait kerjasama suplay daya energi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Kecamatan Langgam untuk 3 kecamatan di Siak.

"Sumber listrik dengan daya 3 Mega Watt itu direncanakan akan digunakan untuk menerangi Kecamatan Dayun, Koto Gasib dan Sabak Auh. Mudah-mudahan kerjasama ini secepatnya terealisasi, sehingga keinginan masyarakat agar bisa menikmati listrik PLN menjadi kenyataan," kata Amin menjawab GoRiau.com, Minggu (22/2/15).

Dikatakannya, jaringan listrik menuju Sabak Auh merupakan daerah terdekat dari pembangkit yang ada di Siak. "Saat ini sumber listrik di kecamatan Mempura dari Siak, jika sumber listrik dari Langgam sudah terhubung, Mempura kita aliri listrik dari Langgam, jaringan dari Siak untuk Mempura kita putus dan kita alihkan untuk Sabak Auh," terang Amin.

Terkait ketersediaan Jaringan Listrik Tegangan Menengah dan Tegangan Rendah, Amin Budyadi mengatakan, tahun ini Pemkab Siak akan membangun jaringan di Desa Laksamana, Belading dan Bandar Pedada, Kecamatan Sabak Auh.

Sementara, untuk desa lainnya pembangunan jaringan akan dilakukan PLN atau dari bantuan APBD Siak di tahun berikutnya.Dari 8 desa/kampung yang ada di Kecamatan Sabak Auh, saat ini baru dua desa yang telah menikmati listrik dari PLN, yakni Rempak dan Selat Guntung. Dua desa tersebut telah menikmati listrik sejak Siak belum mekar dari Kabupaten Bengkalis.

Sebelumnya sumber listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) milik PLN yang berada di Desa Rempak, saat ini jaringan telah dihubungkan dengan sumber listrik dari pembangkit yang ada di Kota Siak."Tentu yang diutamakan masyarakat yang sudah mendaftar di PLN agar bisa mendapat aliran listrik. Intinya, kerjasama ini dilakukan Pemkab Siak untuk kepentingan masyarakat," pungkasnya. (nal)