SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj Rasida Alfedri membuka bakti sosial pengobatan massal bagi ibu hamil, balita, lansia dan umum di Puskesmas Kecamatan Sungai Mandau, Kamis (5/3/15). Kegiatan ini merupakan kerja sama TP PKK dengan PT Bumi Siak Pusako (BSP).

Dalam sambutannya Hj Rasidah Alfedri menyebutkan, pengobatan itu akan ditangani tiga dokter spesialis dari kabupaten. Yakni dokter kandungan, penyakit dalam dan dokter spesialis anak.

"Saya berharap kerja sama ini dapat terus dilaksanakan karena masyarakat desa umumnya mendambakan dokter spesialis dari kabupaten," terang Rasida. Disebutkannya, bakti sosial sebagai bentuk perhatian dan kepedulian TP PKK kepada masyarakat, khususnya Sungai Mandau.

Camat Sungai Mandau Irwan Kurniawan menyambut baik dengan kegiatan ini karena langsung dapat dirasakan oleh masyarakat. "Informasi yang kami peroleh sudah lebih dari 150 orang yang mendaftar dan akan semakin bertambah," sebut Irwan.

Dia mengaku telah memberitahukan kepada masyarakat bahwa akan datang dokter spesialis dari kabupaten. Untuk itu masyarakat diimbau dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Sementara pimpinan PT BSP yang diwakili oleh Sekretaris Comunity Development (CD) Rytia Osi Pratiwi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program CSR PT BSP dalam upaya membantu masyarakat yang memerlukan perhatian dan uluran tangan. Dia berharap, kegiatan ini dapat mewujudkan suasana persaudaraan dan semangat tenggang rasa dan dapat terjalin hubungan silaturahmi yang baik antara perusahaan dengan masyarakat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Siak, Arlisman mengatakan tahun ini akan dibangun ruang rawat inap di Puskesmas Sungai Mandau. Tentunya nanti masyarakat tidak perlu lagi dirujuk ke RSUD Siak kecuali memang tidak bisa ditangani oleh pihak Puskesmas.

Saat ini program pemerintah sangat baik dan perhatian kepada masyarakat. Adanya jamkesda ini menjadi apresiasi masyarakat dari luar daerah. Selain di rujuk ke RSUD Siak pasien juga dapat dirujuk ke Rumah Sakit Cipto di Jakarta, RS Jantung Harapan Kita di Jakarta dan RS Ortopedi di Solo.

Sementara Ketua TP PKK Siak Hj Misnarni Syamsuar menyambut baik dan mendukung kegiatan ini. Menurutnya bakti sosial pengobatan masal gratis ini dapat sangat bermanfaat dan ibu-ibu hamil langsung dapat memeriksakan kandungannya dengan dokter spesialis kandungan.

"Hal ini dapat mencegah kematian ibu hamil. Dan program ini sesuai dengan Visi Kabupaten Siak yaitu mewujudkan masyarakat Siak yang sehat," tandasnya.(rls)