SIAK, GORIAU.COM - Mantan Bupati Siak H Arwin AS, menilai Bupati-Wakil Bupati Siak Syamsuar-Alfedri tidak serius mewujudkan keinginan masyarakat Siak untuk melanjutkan program jangka panjang (25 tahun) pembangunan Kabupaten Siak.

Buktinya, kata Arwin, sampai saat ini tidak jelas kebijakan yang diambil Syamsuar-Alfedri untuk mewujudkan program pembangunan jangka panjang itu.

''Saat saya menjabat sebagai bupati dulu, masyarakat Siak berharap agar tahun 2025 nanti sejumlah rencana pembangunan sudah terwujud, seperti pembangunan highway Pekanbaru-Siak, pengembangan Kawasan Industri Tanjung Buton dan pembangunan Bandara di Siak," jelas Arwin kepada GoRiau.com di kediamannya di Siak, baru-baru ini.

Seharusnya, sambung Arwin, Pemerintah Kabupaten Siak konsisten melanjutkan program jangka panjang itu. "Kalau lari dari program jangka panjang itu, maka akan memakan energi dan dana yang lebih besar lagi," tegasnya mengingatkan.

Arwin juga melihat sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan semakin marak terjadi dalam empat tahun belakangan. "Persoalan sengketa lahan ini terkesan diabaikan pemerintah daerah, sehingga mudah muncul konflik di masyarakat," ujarnya.

Ketika ditanya, apakah keputusannya mendukung anak kandungnya Riky Hariansyah maju di Pilkada Siak, Desember 2015 mendatang, terkait dengan kekecewaannya terhadap kebijakan Pemkab Siak yang dinilainya tidak konsisten melanjutkan program jangka panjang pembangunan Siak tersebut, Arwin mengakuinya.

"Memang benar, saya mendukung Azwar-Riky maju pada Pilkada Siak mendatng, agar program jangka panjang 25 tahun Kabupaten Siak itu bisa dilanjutkan," ujarnya.

Untuk diketahui, Azwar (mantan Ketua Golkar Siak) akan berpasangan dengan Riky Hariansyah, maju pada Pilkada Siak Desember mendatang.

Arwin menegaskan, jika pasangan Azwar-Riky memenuhi syarat mengikuti Pilkada, dia siap kembali turun ke desa-desa untuk mengampanyekan pasangan tersebut.

"Kalau Azwar-Riky bisa menang, saya yakin pembangunan jangka panjang yang pernah diprogramkan selama saya menjabat Bupati Siak dua periode lalu, bisa dilanjutkan kembali," ucapnya .nal