SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Meski baru memasuki tahun kedua, pelaksanaan balap sepeda Tour de Siak sudah memberi manfaat yang besar bagi sektor pariwisata, ekonomi kreatif dan peningkatan perekonomian masyarakat. "Ke depan, agar Tour de Siak ini mendunia, Pemkab Siak diminta lebih meningkatkan promosi ke berbagai negara, sehingga peserta dari luar negeri semakin banyak," kata Ketua DPRD sementara Siak, Indra Gunawan kepada GoRiau.com, Sabtu (20/9/14).

Dikatakan Indra, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan Pemkab Siak untuk menjadikan Tour de Siak sebagai salah satu ikon daerah. Tujuannya tentu, selain olahraga sekaligus mempromosikan Siak sebagai daerah wisata di Riau yang kaya akan sejarah dan budaya Melayu.

"Memang benar, Siak The Truly Malay yang artinya, Siak adalah Melayu sesungguhnya. Banyak peninggalan sejarah Melayu ada di Siak, seperti Istana Siak, makam Sultan Syarif Kasim, makam Putri Kaca Mayang, Benteng Belanda, Danau Zamrud dan lain sebagainya. Tour de Siak merupakan salah satu cara bagi kita untuk menarik minat wisatawan datang ke kampung kita ini," kata legislator Partai Golkar ini.

Terkait masih minimnya sarana hotel di Siak, menurut Indra, hal itu hendaknya menjadi perhatian bagi Pemkab untuk mencari solusi ke depannya.

"Beri kemudahan bagi investor agar mau membangun hotel di Siak, minimal hotel bintang tiga," pungkasnya.(nal)