SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Delapan Pimpinan Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Siak berhimpun untuk menciptakan Pemilu damai pada 9 April mendatang. Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Kantor Partai Amanat Nasional (PAN), Selasa (1/4/2014) melahirkan sebuah perjanjian.

"Dalam perjanjian tersebut, terdapat beberapa kesepakatan antar Parpol," ujar Sekjen DPD PAN Siak Zulfi Mursal, SH kepada GoRiau.com. Zulfi menegaskan, inti dari pertemuan tersebut berguna untuk menciptakan proses demokrasi yang bersih.

"Saat ini, kami dan tujuh Pimpinan Parpol lainnya melihat banyaknya pelanggaran kampanye yang dilakukan PNS di lingkungan Pemkab Siak," tegas Zulfi. Adapun delapan Parpol tersebut yakni Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP dan Partai Hanura.

Pejabat di lingkungan Pemkab Siak, kata Zulfi yang secara terang-terangan melakukan kampanye adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian Daerah Siak. "Sadara Kadri Yafis dan Lukman secara terang-terangan lakukan politik praktis," tegasnya.

"Hal itu bisa dilihat dari beberapa kegiatan yang mereka lakukan. Termasuk, kegiatan Pemilu untuk pemilih pemula di Minas. Sangat jelas, kegiatan KPU Siak diboncengi," jelas Zulfi.

Dengan adanya hal ini, kata Zulfi, Delapan Pimpinan Parpol di Siak meminta pejabat dan PNS tidak terlibat dalam politik praktis. "Dari laporan yang kami terima, ada semacam intimidasi untuk PNS, dimana jika mereka tidak memilih Partai Golkar, mereka akan dipindahkan," terang Zulfi.

Selain itu, saksi dari delapan Parpol sepakat untuk mengamankan hasil Pileg 9 April mendatang. "Ini untuk mengurangi dampak-dampak kecurangan yang dilakukan pihak pelaksana," tegasnya.

Hal yang sama juga diutarakan Ketua Komite Pemenangan Pemilu Daerah PAN Siak, Ibrahim. Ia selaku inisiator kegiatan tersebut menegaskan, pertemuan lintas partai dilakukan untuk mencegah lahirnya Parpol ke-13. "Secara resmi hanya ada 12 Parpol, namun ada Parpol ke-13 yang saat ini sedang kampanye," katanya.

"Parpol ke-13 itu ya, PNS dan Pejabat di Pemkab Siak," tegas Ibrahim saat ditanya siapa Parpol ke-13 yang ia maksud.(san)


Punya info menarik di sekitar anda atau ingin berbagi berita silahkan sms ke 085278057932 atau via email: [email protected] (lengkapi data diri atau instansi untuk berita warga dan rilis)