SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sebanyak 24 mahasiswa Akademi Kebidanan (Akbid) Salma Siak melakukan angkat janji, Senin (28/1/2014) di Gedung Maharatu, Siak Sri Indrapura. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa baru angkatan VI tahun ajaran 2013-2014.

Ketua PLH Direktur Akbid Salma Yuliana, S.ST dalam laporannya menyampaikan, setelah dibuka pendaftaran sejak April hingga Agustus 2013 yang lalu, ada sebanyak 47 yang mendaftar. "Pendaftaran tersebut terdiri dari tiga gelombang," katanya.

Namun, jumlah tersebut terus berkurang ketika beberapa kali menjalani tes dan seleksi. Diantaranya seleksi administrasi dan tes kesehatan. "Hasilnya, hanya ada 24 mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan belajar di Akbid Salma untuk tahun ajaran 2013-2014," terang Yuliana.

Angkat Janji merupakan sebuah prosesi yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa Akbid Salma. Dimana, menurut Yuliana mahasiswa tersebut baru resmi dinyatakan sebagai mahasiswa setelah mengenakan Kep (penutup kepala yang dikenakan tim medis).

"Mereka telah mengikuti kegiatan belajar selama enam bulan. Setelah itu, kita adakan ujian semester," jelas Yuliana. Dari ujian ganjil tersebut, maka terdapat tiga orang mahasiswa berprestasi.

Adapun tiga mahasiswa tersebut yakni, Roza Fitri dengan Indek Prestasi (IP) 3,68. Posisi kedua diraih oleh Reza Lusiana dengan IP 3,53 dan posisi tiga ditempati oleh Maharani dengan IP 3,52.

Ketiga mahasiswa berprestasi tersebut diberikan penghargaan dari Yayasan Salma. Penghargaan tersebut langsung diberikan Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Tengku Said Hamzah yang disaksikan orang tua mahasiswa.(san)