PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Riau akan mengembangkan sekolah kejuruan, baik dari jumlah sekolah maupun daya tampung. Targetnya, komposisi antara sekolah umum dan kejuruan 40 : 60 persen.

''Kedepan, kita ingin komposisinya 40 persen SMA dan 60 persen SMK guna menciptakan generasi muda yang siap pakai dan langsung siap kerja. Upaya yang kita lakukan adalah dengan penambahan jumlah SMK dan juga kapasitas tampung,'' ujar Bupati Rokan Hulu, Drs H Achmad MSi pada Safari Maulid Nabi Muhammad SAW, di Los Pasar Rokan, Kecamatan Rokan IV Koto, Sabtu (11/1/2014).

Konsep ini, harap Bupati Rohul, dapat menciptakan generasi daerah Rohul yang siap bekerja. Untuk itu di Rokan IV Koto, Pemkab akan membangun sekolah SMK I Rokan IV Koto.

Pada kesempatan itu, Achmad juga mengajak orang tua untuk mengizinkan anak-anaknya menempuh pendidikan. ''Kita berharap anak-anak usia sekolah, tetap diberi kesempatan bersekolah, jangan dipaksa untuk bekerja dan mencari nafkah demi membantu orang tua. Pemkab akan terus mengupayakan agar pendidikan mudah dan hasilnya bagus terutama untuk masa depan anak-anak Rokan Hulu,'' ujarnya. (srt)