PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Pemkab Rokan Hulu, merencanakan merelokasi pemukiman warga di daerah rawan banjir, di Kecamatan Bonai Darussalam ke daerah aman dari banjir.

Upaya itu, menurut Bupati Rohul, Achmad MSi, Sabtu (22/11/2014), untuk meminimalisir angka kerugian penduduk, juga bertambahnya korban banjir yang terjadi hampir setiap tahunnya di Bonai Darussalam.

Bupati juga mengatakan, rencana relokasi korban banjir di Bonai Darussalam ke daerah aman, nantinya diusulkan anggarannya oleh Pemkab Rohul, melalui sharing budget dengan Provinsi Riau. ''Pemkab Rohul juga sudah pernah lakukan relokasi warga di Desa Rantau Binuang Sakti Kecamatan Kepenuhan,'' ucap Bupati Rohul.

Jelas Bupati lagi, karakteristik letak geografis beberapa daerah di Kecamatan Bonaidarussalam hampir sama dengan karakteristrik Desa Rantau Binuang Sakti, merupakan salah satu desa rawan genangan banjir.

Katanya, ada beberapa daerah di Kecamatan Bonai Darussalam yang kerap direndam banjir setiap tahunnya, seperti Desa Bonai, Desa Sontang serta Desa Kasang Padang. Warga di beberapa dusun di daerah itu juga sering terisolir saat terjadi banjir besar, dan sangat sulit dievakuasi petugas.

Walau demikian, Bupati Achmad menyatakan, untuk rencana relokasi warga di daerah banjir tidak bersifat memaksa, namun hanya sekedar himbauan. Namun sejauh ini, belum diketahui secara pasti, berapa jumlah kepala keluarga yang akan direlokasi Pemkab Rohul. Karena, pemerintah daerah perlu melakukan pendataan kembali. (ram)