PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Masih minimnya tenaga pendidik, khususnya di daerah terpencil, maka Pemkab Rohul pada tahun 2014 ini akan menerima tenaga pendidik kontrak sebanyak 450 orang.

Peryataan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga (Kadisdikpora) Rohul H. M Zen, MPd di Pasir Pangaraian, Selasa (21/1/2014), agenda penerimaan tenaga guru kontrak tahunan, untuk program Pendidikan Diniyah Takmiliyah Wustho (PDTA) dan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Ulya (PDTU) sebanyak 150 orang. Sedangkan untuk daerah terpencil sebanyak 300 orang.

''Kita sudah mengajukan itu ke DPRD Rohul, terkait pengganggarannya, nanti kalau APBD Rohul sudah disahkan, maka penerimaannya akan kita lakukan,'' kata M. Zen

Terang, Kadisdikpora Rohul, masing-masing guru kontrak nanti akan digaji sebesar Rp 2 juta per orang, tapi tenaga honorer itu harus warga tempatan, paling jauh dari lokasi tempat mengajar sekitar 6 KM, supaya nanti tidak meninggalkan kewajibannya dalam mengajar di sekolah-sekolah terpencil.

''Nanti bisa saja, guru komite kita anggkat statusnya jadi tenaga kontrak Pemda Rohul, jika selama ini mereka digaji dari orang tua murid, maka bentuk tanggung jawab Pemkab Rohul untuk menganti itu, sehingga Proses  Belajar Mengajar (PBM) bisa berjalan dengan signifikan,'' ujar M Zen. (srt)