PASIRPENGARAIAN, GORIAU.COM - Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Provinsi Riau sudah semakin dekat, yang dijadwalkan berlangsung Desember 2015 mendatang. Berbagai persiapan terus dimatangkan oleh pemerintah daerah masing-masing, termasuk di dalamnya Kabupaten Rokan Hulu.

Ketua DPRD Rokan Hulu, Nasrul Hadi ST MT, menghimbau semua stakeholder untuk mempersiapkan helatan tersebut dengan maksimal. Sehingga pelaksanaannya bisa berjalan lancar dan sukses.

Stakeholder yang dimaksud diantaranya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Rokan Hulu. Kepada KPUD harus benar-benar memaksimalkan perannnya untuk mematangkan rangkaian tahapan yang akan dilalui.

"Diantara tahapan yang sangat penting adalah mendata peserta pemilih. Kita berharap jangan sampai ada masyarakat Rokan Hulu yang sudah punya hak pilih, tapi tak bisa menggunakan hak pilihanya, hanya karena tidak terdata sebagai peserta pemilih," ujar Nasrul, Rabu (25/3).

Masyarakat juga dihimbau proaktif mendaftarkan dirinya kepada aparatur terdekat. "Mari sama-sama kita sukseskan pemilukada nanti dengan tingkat pemilih maksimal. Sehingga pemimpin yang dihasilkan, benar-benar pilihan rakyat," tambah politisi Demokrat ini.

KPUD juga diminta maksimal melakukan sosialisasi di tengah masyarakat. Sehingga masyarakat antuasias untuk terlibat dalam Pemilukada nanti dan berbondong-bondong ke TPS. "Semakin tinggi keterlibatan masyarakat, maka semakin berkualitas pemimpin yang dihasilkan," ujarnya.

Terlepas dari itu, masyarakat juga dihimbau untuk menjaga stabilitas daerah. Jangan karena menghadapi pemilukada, masyarakat menjadi terkotak-kotak.

"Masyarakat harus tetap bersatu dan jangan sampai terpecah. Jadikanlah moment pemilukada ini untuk menyatukan konsep pembangunan yang kita harapkan bersama. Sehingga kenyamanan bermasyarakat tetap terjaga dengan baik sampai hari H pelaksanaan pemilukada," harapnya.

Terkait pemimpin yang ideal bagi masyarakat Rokan Hulu, menurut Nasrul, haruslah figur yang memahami kebutuhan masyarakat secara menyeluruh, termasuk juga harus selalu dekat dengan kehidupan masyarakat yang akan dipimpin. "Bagaimana mau memimpin Rokan Hulu, kalau figur yang dimaksud jarang berada di tengah masyarakat (Rokan Hulu)," tambahnya.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah, figur bersangkutan harus mampu melanjutkan pondasi pembangunan yang sudah dibangun oleh pemimpin sebelumnya. Sehingga roda pembangunan benar-benar berkelanjutan ke arah yang lebih baik.

"Kerangka pembangunan yang digagas juga harus jelas, terarah dan terukur. Sehingga pelaksanan pembangunan benar-benar tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat dalam artian sesungguhnya," ujar NH, sapaan akrab Nasrul Hadi.

Dengan begitu, pemerataan pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat, termasuk juga pengurangan pengangguran dan kemiskinan, benar-benar bisa dihadirkan di tengah masyarakat. "Jika capaian-capaian ini bisa diwujudkan, maka Rokan Hulu bisa menjadi daya tarik dan magnet tersendiri bagi masyrakat Riau. Jadi figur kedepan harus bisa menterjemahkan konsep-konsep pembangunan seperti yang kita harapkan ini," katanya. ***