PASIR PANGARAIAN, GORIAU.COM - Meski berstatus sekolah negeri, namun SMP IV Kunto Darussalam, Rokan Hulu hanya memili tiga guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) selebihnya hanya guru honor. Padahal saat ini SMP itu sudah memili sekitar 500 siswa.

Hal ini disampaikan tokoh masyarakat Koto Raya Kunto Darussalam. Tohirin, SPd, saat Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurul Hidayah, Minggu (19/1/2014) yang dihadiri Bupati Rohul Drs Achmad MSi.

''Padahal siswanya sudah mencapai 500 orang, umumnya t enaga honorer, hanya tiga orang PNS. Kami berharap agar ada tambahan guru PNS atau honorer daerah,'' kata Tohirin.

Sementara itu, salah seorang siswa, Rani, mengaku anak sekolah di SMP IV terpaksa harus membayar biaya sekolah sebesar Rp 25 ribu perbulan untuk menggaji guru-guru honornya.

Bupati Rohul Drs. Achmad, MSi, menanggapi keluhan masyarakat itu mengatakan, tahun Anggaran 2014 ini, Pemkab Rohul akan menerima 300 guru honorer untuk membantu kebutuhan pendidikan termasuk di SMPN IV Kunto Darussalam.

''Nanti akan kita bantu, termasuk penghonoran guru SMP IV, sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik,'' pungkas. (srt)