PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Mulai, Selasa (21/10/2014), Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Riau menggelar Pekan Muharam sebagai bentuk perayaan menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 Hijriyah.

Semerak Pekan Muharam akan dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti pidato dai cilik (pidacil), cerdas cermat, tahfiz Al Quran, lomba anak soleh, seni rebana, lomba azan, lomba busana muslim, yang diikuti oleh anak tingkat SD, MI, SMP, SMA dan MA. Sedangkan khusus untuk lomba rebana, dan azan, pesertanya termasuk dari umum.

Demikian kesimpulan rapat yang dipimpin Bupati Rokan Hulu, Achmad MSi yang dihadiri oleh Wakil Bupati, H Hafith Syukri MM, Kapolres Rohul, Kakankemenag Rohu, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA, para kepala dinas, badan, kepala kantor di jajaran Pemkab Rohul, serta seluruh camat di Rohul.

Dalam rapat itu, Bupati Rohul, Drs H Achmad M,Si mengatakan, agar semaraknya tahun baru Islam 1436 Hijriyah, Pekan Muharam dipusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pangaraian.

''Pelaksanaan semarak pekan Muharram, nantinya mulai dilaksanakan 21 hingga 25 Oktober 2014. Disamping itu, pada Jumat malam, Sabtu 24 Oktober 2014, akan digelar tabligh akbar 1 Muharram di MAMIC Pasir Pangaraian pukul 19,30 Wib, dengan pembicara Al Ustad H. Abdul Somad,LC.MA dari Pekanbaru,'' tegas Bupati Achmad.

Bupati berharap, itu nantinya dihadiri, baik kalangan PNS dan tenaga honorer yang beragama Islam, termasuk dari jamaah 4 kecamatan, seperti Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Rambah Samo dan Bangun Purba dan akan dihadiri sekitar 2000 jamaah tabligh akbar.

''Juga akan digelar pawai Semarak Pekan Muharram, pada Sabtu paginya, pukul 08,00 Wib dengan pelaksanaan pawai taaruf oleh seluruh pelajar di Rohul serta pegawai di jajaran Pemkab Rohul,'' tegas Bupati lagi.

Agar sukses dan terlaksananya kegiatan Semarak Pekan Muharam yang digelar di Rohul, Bupati Achmad, berharap dukungan seluruh instansi, yang nantinya terlibat dalam kegiatan tersebut. Apalagi, setiap tahun baru Islam atau 1 Muharam, Pemkab Rohul menggelar berbagai kegiatan untuk menyambutnya dan itu sudah jadi agenda tahunan dari Pemkab Rohul. (ram)